BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 berhasil melaju ke final Piala AFF U-16 2022. Skuat Garuda Muda menantang Vietnam U-16, pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8) pukul 20.00 WIB.

Laga tersebut digelar lima hari menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia. Untuk itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan andai juara bakal menjadi kado terindah.

"Saya meminta kepada para pemain untuk memberikan yang terbaik di final karena kesempatan tidak datang dua kali. Saya berharap mereka mengukir prestasi terbaik untuk karier dan itu akan menjadi hadiah kemerdekaan bangsa Indonesia," ujar Bima Sakti, dikutip dari Antara.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Final Piala AFF U-16 2022: Vietnam Vs Indonesia

Timnas U-16 Melaju ke Final untuk Menantang Vietnam

Bima Sakti ingin Nabil Asyura dkk. tak meremehkan Vietnam, meski pernah menang 2-1 di babak penyisihan Grup A. Vietnam pernah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman dan beruji coba dengan tim-tim muda Bundesliga seperti Borussia Dortmund.

"Jadi kami tidak boleh menganggap pertandingan besok bakal mudah, walau kami sempat mengalahkan mereka 2-1 di penyisihan grup. Malah, kami mesti lebih bekerja keras dan fokus menit permenit. Kemudian, kami harus mengurangi kesalahan-kesalahan," tutur eks pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Timnas Indonesia U-16 lolos ke final usai menyingkirkan Myanmar U-16 melalui adu tendangan penalti 5-4 (1-1). Sedangkan Vietnam ke final setelah mengalahkan Thailand U-16 2-0.

Vietnam bersama Thailand menjadi tim tersukses di Piala AFF U-16 dengan tiga gelar juara. Adapun Timnas Indonesia U-16 baru sekali keluar sebagai kampiun, yaitu pada tahun 2018 di Sidoarjo, Jawa Timur.