Andai Pandemi Terus Berlanjut, Olimpiade 2020 Berpeluang Batal

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Kamis, 21 Mei 2020
Andai Pandemi Terus Berlanjut, Olimpiade 2020 Berpeluang Batal
Olimpiade 2020. (Situs Tokyo 2020)

BolaSkor.com - Ketua Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, menyebut Olimpiade 2020 bisa dibatalkan andai pandemi virus corona tak kunjung berakhir. Namun, dia mengaku masih berkomitmen terhadapa ajang itu.

Olimpiade 2020 mengalami penangguhan akibat pandemi virus corona. Keputusan tersebut diambil demi mencegah penyebaran virus yang memiliki nama lain COVID-19 itu.

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 5,1 juta penduduk dunia yang terpapar virus corona. Alhasil, masa depan penyelenggaraan Olimpiade 2020 kembali menjadi tanda tanya.

Baca Juga:

IOC Kucurkan Rp 12 Triliun untuk Bantu Pemulihan Pasca Penudaan Olimpiade Tokyo

Pesan Menpora untuk Cabang Olahraga yang Masih Jalankan Pelatnas

Bach menegaskan IOC tetap berkomitmen untuk menyelenggarakan Olimpiade 2020. Namun, ajang empat tahunan itu akan dibatalkan andai kondisi belum kondusif.

"Sejujurnya IOC memiliki pemahaman untuk kelanjutan Olimpiade 2020. Anda tidak bisa selamanya mempekerjakan sekitar 3000 hingga 5000 orang pada komite penyelenggaraan," tutur Bach.

"Kami tidak bisa setiap tahun mengubah jadwal kegiatan olahraga di seluruh dunia. Kami juga tidak bisa membuat para atlet bergelut dengan ketidakpastian."

"Semua skenario berbeda sedang dalam pertimbangan. Ini adalah tugas yang sangat besar, begitu banyak pilihan berbeda. Kami memiliki pandangan untuk 23 Juli 2021 dan akan mengambil keputusan," tambahnya.

IOC sudah mengeluarkan dana hingga Rp 12 triliun untuk membantu pemulihan pasca penundaan Olimpiade 2020. Dana tersebut akan dialokasikan ke penyelenggara dan federasi peserta.

Breaking News Olimpiade Olimpiade 2020 Virus Corona
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan