BolaSkor.com - Sistem Video Assistant Referee (VAR) yang dipergunakan di Piala Dunia sangat didukung pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan. Ia bahkan berharap VAR atau teknologi video untuk membantu wasit mengambil keputusan lebih tepat diberlakukan di Liga 1.

Salah satu laga yang sangat terasa penggunaan VAR saat timnas Swedia melawan Korea Selatan. Swedia keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 1-0.

Dari hasil pemutaran ulang video, wasit memutuskan bahwa Swedia berhak atas penalti karena pelanggaran yang dilakukan Kim Min-woo di kotak penalti. Tendangan penalti yang dieksekusi Andreas Granqvist mampu menggetarkan gawang Korea Selatan.

“FIFA saja membutuhkan teknologi VAR di Piala Dunia, kalau bisa diterapkan di Indonesia itu sangat bagus,” kata Rahmad Darmawan, Rabu (20/6).

RD sangat mendukung sekali jika Liga 1 menggunakan sistem VAR dalam membantu kinerja wasit. Laskar Wong Kito mendukung sepenuhnya, dengan harapan kompetisi di Indonesia dalam setiap pertandingan yang dimainkan dapat berjalan dengan fair.

Wasit selaku pengadil di lapangan hijau dapat mengambil keputusan yang tepat dan adil. Pertandingan pastinya akan menjadi lebih menarik lagi.

“Kita sudah lihat di Piala Dunia, di mana wasit menggunakan VAR sehingga keputusan yang mereka ambil sangat adil. VAR bisa memandu wasit dalam menjalankan tugasnya, sportivitas pun lebih terasa,” ucapnya.

“Apalagi bagi negara yang berkembang, dimana sepak bola dalam proses menuju lebih baik. VAR memang sangat bagus jika diterapkan. Itu menjadi lompatan luar biasa kalau bisa diterapkan di Indonesia,” tambahnya. (Laporan Kontributor Dzakira/Palembang)