Andil Arab Saudi di Balik Keberhasilan Argentina Tembus Final Piala Dunia 2022

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 14 Desember 2022
Andil Arab Saudi di Balik Keberhasilan Argentina Tembus Final Piala Dunia 2022
Ketika Argentina kalah dari Arab Saudi (Twitter)

BolaSkor.com - Sesuai prediksi banyak orang timnas Argentina semakin dekat dengan titel Piala Dunia 2022. Albiceleste menembus final usai mengalahkan finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, dengan skor mencolok 3-0 di Lusail Stadium, Rabu (14/12) dini hari WIB.

Tidak ada lagi kejutan atau drama comeback Kroasia hingga babak tambahan serta potensi adu penalti. Argentina menuntaskannya di waktu normal melalui gol penalti Lionel Messi (34') dan dua gol Julian Alvarez (39' 69').

Argentina bermain efisien dengan 39 persen penguasaan bola tetapi melepaskan sembilan tendangan (tujuh tepat sasaran). Sedangkan Kroasia mencatatkan 61 persen dengan 12 tendangan tapi hanya dua yang tepat sasaran.

Lionel Messi kembali terpilih sebagai Man of the Match dan menjadi inspirasi permainan Argentina. Gol ketiga yang dicetak Alvarez memperlihatkan kualitas penilik tujuh Ballon d'Or tersebut. Messi mendribel bola mengelabui Josko Gvardiol sebelum memberi assist untuk Alvarez.

Baca Juga:

Argentina 3-0 Kroasia: Satu Langkah Lagi Lionel Messi Wujudkan Mimpi

6 Pemain Tidak Terduga yang Bisa Menentukan Hasil Argentina Vs Kroasia

Lupakan Persaingan, Ronaldo Dukung Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia

Messi berbicara selepas laga dan secara tersirat mengucapkan 'terima kasih' kepada Arab Saudi. Arab Saudi satu-satunya tim yang mengalahkan Argentina di Piala Dunia 2022 di laga pembuka grup.

Hanya Spanyol pada 2010 yang mengakhiri turnamen dengan trofi Piala Dunia setelah kalah di laga pembuka. Messi menilai kekalahan dari Arab Saudi membuka 'mata' Argentina hingga mereka bangkit, setelah catatan unbeaten di 36 laga berakhir.

"Saya akan mengatakan bahwa pertandingan pertama merupakan pukulan keras bagi kami semua karena kami tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan," tutur Messi dikutip dari ESPN.

"Memulai dengan cara seperti itu di Piala Dunia adalah sebuah pukulan, kami tidak berpikir kami akan kalah dari Arab Saudi. Itu adalah ujian berat bagi seluruh skuad ini, tetapi skuad ini membuktikan betapa kuatnya kami."

"Kami memenangkan pertandingan lainnya. Sangat sulit apa yang kami lakukan karena setiap pertandingan adalah final dan kami sadar jika kami tidak memenangkan segalanya akan menjadi rumit bagi kami."

"Ini adalah beban mental karena kami tahu segalanya akan menjadi lebih rumit bagi kami. Kami berhasil memenangkan lima final dan saya berharap akan seperti ini untuk pertandingan terakhir," harap megabintang PSG tersebut.

Kehebatan Messi di laga tersebut pun dipuji oleh pelatih Kroasia, Zlatko Dalic.

"Dia (Messi) adalah pemain terbaik di dunia, dia berbahaya dan dia memiliki kualitas. Dia memiliki teknik dan menampilkan performa level tinggi, itu adalah Messi sesungguhnya yang kami harapkan untuk dilihat," papar Dalic.

Argentina mencapai final Piala Dunia pertama mereka sejak 2014 dan berpotensi mengakhiri penantian 36 tahun trofi, dengan potensi laga final melawan Maroko atau Prancis.

Messi Lionel Messi Argentina Timnas Argentina Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan