Andrea Pirlo Ungkap Penyebab Juventus Takluk di Kandang Porto

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 18 Februari 2021
Andrea Pirlo Ungkap Penyebab Juventus Takluk di Kandang Porto
FC Porto vs Juventus (Twitter)

BolaSkor.com - Juventus harus mengakui keunggulan FC Porto pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020-2021. Hasil ini mempersulit langkah Bianconeri melaju ke fase selanjutnya.

Dalam laga yang berlangsung di Estadio do Dragao, Kamis (18/2) dini hari WIB, Juventus takluk dengan skor 1-2. Padahal tim asuhan Andrea Pirlo tersebut mendominasi penguasaan bola.

Porto mencetak dua gol cepat pada masing-masing babak lewat Mehdi Taremi dan Moussa Marega. Sementara Juventus hanya mampu membalas sekali lewat sontekan Federico Chiesa delapan menit jelang waktu normal berakhir.

Baca Juga:

Jebol Gawang Barcelona, Penyerang PSG Kirim Kode kepada Juventus

Ironi Ketajaman Ronaldo dan Nasib Sial Juventus di Liga Champions

Sergio Conceicao, Pelatih Porto yang Tak Asing Lagi dengan Juventus

Andrea Pirlo

Pirlo sadar Juventus tidak tampil maksimal dalam laga ini. Namun ia menganggap gol pertama Pirlo yang tercipta saat pertandingan baru berjalan satu menit merusak rencana yang sudah disusun.

"Ketika Anda kebobolan gol setelah satu menit yang aneh pada saat itu, wajar saja para pemain akan kehilangan kepercayaan diri. Apalagi melawan tim yang tahu bagaimana cara menutup rapat pertahanannya," kata Pirlo kepada Sky Sport Italia.

“Porto segera mendapatkan permainan di trek yang mereka inginkan. Dengan daftar pertandingan yang padat, itu normal Anda tidak selalu dapat mempertahankan fokus mutlak dan tempo yang tepat, tetapi itu seharusnya tidak terjadi di babak 16 besar Liga Champions."

Gol pertama Porto memang terjadi karena ada blunder yang dilakukan Rodrigo Bentancur. Ia kurang cermat saat memberikan backpass kepada Wojciech Szczesny sehingga mampu dicuri Taremi.

Setelah kebobolan, Juventus memang kesulitan mengembangkan permainan. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan seperti frustrasi membongkar pertahanan berlapis Porto.

Hal itu diperparah setelah Porto sukses menggandakan keunggulan lewat Moussa Marega. Seperti tak belajar dari kesalahan, para pemain Juventus kembali kehilangan konsentrasi di awal babak kedua.

“Kami memindahkan bola terlalu lambat dan tidak cukup cerdas untuk menyadari dinamika permainan yang kami hadapi. Niatnya adalah untuk bermain melebar, tapi kami tidak melakukannya dengan cukup baik di babak pertama," tambahnya.

"Tidak mudah melawan tim dengan 11 orang di belakang bola."

Kekalahan atas Porto ini membuat Juventus wajib memenangi leg kedua untuk melaju ke perempat final. Satu gol tandang setidaknya menjadi modal berharga untuk terhindar kegagalan seperti musim lalu.

Juventus FC Porto Andrea Pirlo Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan