Andres Iniesta Tidak Tergantikan di Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 29 April 2018
Andres Iniesta Tidak Tergantikan di Barcelona
Andres Iniesta tidak tergantikan di Barcelona (Getty Images)

BolaSkor.com - Tengah pekan ini, Cules - sebutan fans Barcelona - dibuat menangis ketika menyaksikan konferensi pers (konpers) memilukan Andres Iniesta. Konpers itu diberikan spesial oleh Barcelona kepada Iniesta, karena gelandang berusia 33 tahun itu memberi pengumuman akan pergi meninggalkan klub di akhir musim ini. Mengakhiri 16 tahun dedikasinya untuk Blaugrana.

Tetes air mata dan keheningan sontak langsung mewarnai konpers tersebut. Apalagi, setelah melihat Iniesta menangis saat mengumumkannya. Satu per satu legenda Barcelona hengkang atau pensiun. Iniesta bukan cuma sekedar legenda untuk Barcelona, melainkan ikon dunia.

Alumni akademi La Masia mulai menembus tim utama Barca pada tahun 2002. Perlahan, dengan kemampuannya saat mendribel bola dan naluri mencetak golnya, Iniesta mematenkan tempatnya di tim reguler Barca. Segala kesuksesan sudah dirasakannya bersama klub, juga dengan Timnas Spanyol seperti Piala Dunia, Euro, dan Liga Champions.

Kabarnya, Iniesta akan merantau ke Negeri Tirai Bambu, Tiongkok, dan bergabung dengan Chongqing Lifan. Sekarang, yang tersisa untuk Barca adalah menikmati momen-momen terakhir di penghujung musim bersama Iniesta. Barca sudah sangat dekat dengan titel La Liga dan bisa memastikannya, sebelum El Clasico kontra Real Madrid yang berlangsung 6 Mei mendatang.

Barca juga harus mulai memikirkan masa depan klub tanpa Iniesta. Tidak mudah mencari penggantinya - hampir mustahil mencarinya - karena Iniesta punya kemampuan spesial, yang dibarengi dengan kekuatan mental dan karakteristik tertentu. Ernesto Valverde, pelatih Barca, juga menegaskan status Iniesta sebagai pemain yang tidak akan tergantikan di Barcelona.

"Kami (Valverde dan Iniesta) telah berbicara sebelumnya, namun, hal-hal seperti ini merupakan isu personal di antara pemain dan pelatih. Mari, jangan bohongi diri sendiri, Iniesta seorang pemain yang tidak dapat digantikan," tegas Valverde, dilansir dari Goal, Minggu (29/4).

"Dia seorang pemain dengan karakteristik. Ini artinya, Anda tidak bisa benar-benar berpikir tentang siapapun, pemain lainnya yang melakukan hal serupa. Itulah faktanya. Ketika Anda mendapati pemain di level seperti itu hengkang, Anda harus menemukan keseimbangan lain di dalam tim dengan cara berbeda."

"Kita semua tahu Barca memiliki gaya sepak bola yang sangat spesifik, sudah jelas bagaimana cara kami bermain. Tapi, apa yang diberikan Iniesta kepada Anda, Anda tidak akan mendapatkannya dari pemain lain," sambung Valverde.

Dengan kepastian tersebut, Iniesta mengikuti jejak Xavi Hernandez, legenda Barca lainnya, yang memilih hengkang ke Asia ketimbang pensiun di klub yang sudah membesarkan namanya. Xavi hengkang ke Al-Sadd pada tahun 2015.

Breaking News FC Barcelona Andres Iniesta Ernesto Valverde
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan