Andritany Ardhiyasa Bicara soal Perannya sebagai Penjaga Gawang

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 26 Juli 2020
Andritany Ardhiyasa Bicara soal Perannya sebagai Penjaga Gawang
Andritany Ardhiyasa (BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

BolaSkor.com - Andritany Ardhiyasa mengatakan bahwa seorang penjaga gawang juga harus memilikikomunikasi yang baik dengan pemain lainnya. Bukan hanya memiliki kemampuan dalam mengamankan bola saja.

Berkomunikasi dengan pemain lain mutlak bagi penjaga gawang. Hal ini dikarenakan posisi tersebut menjadi paling vital dalam sepak bola.

Penjaga gawang juga harus selalu mengingatkan pemain bertahan agar tidak hilang konsentrasi ketika bermain. Selain itu penjaga gawang wajib mengatur posisi pemain apabila kehilangan posisi.

Baca Juga:

Braif Fatari Yakin Timnas Indonesia U-19 Bisa Tembus Perempat Final Piala Asia U-19

Tidak Dipanggil ke Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa: Wajar

“Menjadi kiper kita harus memiliki teknik komunikasi yang baik. Saya saat mengawali karier di Persija bekerja sama dengan bek senior seperti Ismed Sofyan, Precious, Fabiano dan Leo Saputra. Meski begitu saya tidak sungkan untuk berkomunikasi dengan mereka. Intinya harus ada kedekatan di luar lapangan,” ucap Andritany seperti dilansir di laman Persija.

Adik kandung dari Indra Kahfi Ardhiyasa ini menjelaskan bahwa seorang penjaga gawang harus dapat menghilangkan rasa gugup. Terlebih kiper tidak hanya menghindari dari kebobolan, melainkan memulai sebuah serangan tim. Hal ini membuat ketenangan sangat dibutuhkan.

“Saat ini seorang kiper dituntut membantu tim dalam menyerang, seperti memberi umpan matang ke bek, gelandang atau bahkan penyerang. Kita harus memiliki ketenangan dan dapat mengusir rasa gugup,” tambahnya.

Persija jakarta Andritany Ardhiyasa Liga 1
Posts

4.871

Bagikan