BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyebut capaian medali emas Asian Para Games 2018 di luar ekspektasi. Hal itu membuat anggaran bonus semakin membengkak.

Pemerintah menjanjikan bonus setara kepada atlet Asian Para Games 2018. Setiap keping medali emas bakal dihargai RP 1,5 miliar.

Saat ini kontingen Indonesia telah mengoleksi 24 medali emas, 33 perak, dan 39 perunggu. Jumlah tersebut sudah melewati target yang diberikan yakni 16 medali emas.

"Ini menjadi spirit baru bagi kami bahwa ke depan harus ada perubahan kebijakan dan anggaran yang lebih signifikan bagi penyandang disabilitas dan kami bersyukur dengan prestasi di Asian Para Games ini," ujar Imam.

Imam Nahrawi mengakui anggaran bonus menjadi membengkak dengan banyaknya medali emas yang direbut atlet Indonesia pada Asian Para Games 2018. Namun, Imam bakal mengakali dengan memangkas anggaran Kemenpora.

"Awalnya, kami menyiapkan bonus untuk 20 medali emas, dengan perhitungan sekitar Rp 204 miliar. Dengan banyaknya emas yang diraih, tentu kami harus melakukan penyisiran di internal Kemenpora. Anggaran yang tidak terserap, seperti kunjungan, rapat, akan kami potong untuk alokasi kebutuhan bonus ini," tutur Imam.

"Saya berharap penambahan bonus ini bisa kami berikan lebih cepat lagi kepada atlet yang juga tidak meraih medali. Jadi kalau yang meraih medali dapat bonus Sabtu, saya berharap dalam 2-3 hari kemudian atlet yang tidak meraih medali pun bisa kita berikan bonus lewat penyisiran dana yang tidak diserap di Kemenpora," lanjutnya.