BolaSkor.com - Sepak bola sudah tidak perlu diragukan lagi menjadi olahraga paling populer di dunia. Bal-balan menjadi olahraga dominan untuk kaum Adam.

Namun, secara perlahan, sepak bola mulai disukai kaum Hawa. Tak hanya disukai, para wanita juga sudah memainkan si kulit bundar. Bahkan, tak banyak dari mereka menjalani karier di sepak bola. Entah sebagai orang di balik layar atau menjadi seniman lapangan.

Hal itu juga yang mulai merambah dunia sepak bola Indonesia. Sepak bola wanita Indonesia memang belum se-populer Amerika Serikat, Inggris, ataupun Jerman. Namun, sepak bola wanita Indonesia kini mulai bangkit dari vakum.

Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, untuk pertama kalinya menggelar kompetisi resmi sepak bola wanita. Kompetisi ini bertajuk Liga 1 Putri 2019.

Dari sekian banyak para Srikandi Cantik yang berlaga, ada segelintir nama yang menjadi perhatian. Sosok Kartini Modern itu bernama Anggita Oktaviani.

Baca Juga:

Persija Putri Kalahkan Persib 2-1 di Liga 1 Putri 2019

6 Pesepak Bola Wanita yang Curi Perhatian di Liga 1 Putri

Anggita Oktaviani
Anggita Octaviani (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Awal Karier Anggita Oktaviani: Futsal dan Sempat Tak Direstui Orang Tua

Anggita Oktaviani merupakan pemain Persija Putri yang berlaga di Liga 1 Putri 2019. Anggita menjadi primadona di teriknya lapangan hijau. Kaum Adam melihat Anggita sebagai pesepak bola wanita yang lengkap, yakni piawai memainkan si kulit bundar dan cantik.

Anggita memulai kariernya sebagai pesepak bola dari dunia futsal. Ia bermain futsal sejak duduk di bangku SMP (Sekolah Menengah Pertama). Pada akhirnya, ia resmi dipinang klub Female FC untuk tampil di Linus Nasional 2017. Dari situ, kariernya baru masuk ke lapangan hijau bersama tim Pra PON DKI Jakarta hingga masuk ke Persija Putri.

"Awalnya memang dari futsal, setelah itu masuk ke Pra PON DKI Jakarta hingga Persija Putri. Waktu itu saya ikut latihan Persija Futsal yang dilatih coach Donzol (Doni Zola). Dari situ mulai karier profesional saya masuk ke Persija Putri," kata Anggita saat wawancara eksklusif bersama BolaSkor.com.

Meski begitu, awalnya, wanita kelahiran 5 Oktober 1999 itu tak disetujui bermain sepak bola oleh orang tuanya. Kedua orang tua menginginkan Anggita kerja kantoran.

“Ya memang awalnya saya coba-coba dan akhirnya saya suka olahraga ini. Bahkan saya sempat dilarang oleh orang tua untuk main sepak bola. Tapi karena saya memang ingin bermain bola saya tunjukkan. Dari situ saya bisa meyakini orang tua saya kalau sepak bola bisa juga jadi penghasilan,” ujar Anggita.

Anggita Oktaviani
Anggita Oktaviani. (BolaSkor.com/Grafis)

Futsal-Sepak Bola: Bahagia Orang Tua dan Dapat Beasiswa