BolaSkor.com - Penyerang Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland, menorehkan debut spesial dengan tim barunya kala melawan Augsburg dalam lanjutan laga Bundesliga. Masuk dari bangku cadangan, Haaland menorehkan hat-trick alias trigol.

Bermain di markas Augsburg, Sabtu (18/01) malam WIB, laga berakhir dengan total delapan gol dan Dortmund menang melalui gol Julian Brandt (49'), tiga gol Haaland (59', 70', dan 79'), dan Jadon Sancho (61'), yang membalas tiga gol Augsburg: Florian Niederlechner (34' dan 55') dan Marco Richter (46').

Sorotan seluruhnya tertuju kepada Haaland. Baru masuk di menit 56 menggantikan Lukasz Piszczek, mantan penyerang RB Salzburg langsung menorehkan tiga gol dari tiga percobaan tendangan dan total 10 sentuhan bola di pertandingan tersebut.

Baca Juga:

Ketimbang Erling Haaland, Barcelona Lebih Pilih Datangkan Kevin-Prince Boateng

Borussia Dortmund Menangi Perburuan Erling Haaland

Ole Gunnar Solskjaer Komentari Transfer Erling Haaland ke Borussia Dortmund

Erling Braut Haaland

"Saya datang ke sini untuk mencetak gol. Ini debut yang bagus untuk saya. Kami hanya harus melihatnya dari satu pertandingan ke pertandingan lain, kemudian kami akan melihat apa yang terjadi," ucap Haaland kepada laman resmi Bundesliga.

"Jika Anda melihat dukungan ini, maka Anda dapat melihat alasannya. Sungguh menakjubkan bisa bermain di depan fans dan ini memberi Anda lebih banyak kesenangan untuk bermain sepak bola di depan para penggemar yang begitu bersemangat."

Sejumlah rekor juga diukir oleh penyerang yang baru direkrut Januari ini (bursa transfer musim dingin) sebesar 20 juta euro. Rekor pertama adalah pencetak hat-trick termuda pada usia 19 tahun, lalu rekor berikutnya debutan yang menorehkan trigol di divisi kala masuk dari bangku cadangan.

Tidak berhenti sampai di situ saja, tiga golnya itu juga menjadi hat-trick keenam Haaland musim ini dari akumulasi bersama Salzburg dan Dortmund. Haaland jadi pemain ketujuh dalam sejarah Bundesliga yang mencetak hat-trick di laga debutnya.

Erling Haaland menjadi pemain pertama yang melakukannya lagi sejak Pierre-Emerick Aubameyang pada Agustus 2013. Uniknya, Aubameyang eks penyerang Dortmund yang juga mengenakan nomor punggung 17 dan menghadapi lawan yang sama.

Jalan masih panjang bagi Haaland untuk menyamai jejak sukses dua pendahulunya, Robert Lewandowski dan Aubameyang, di Dortmund. Namun, jalan kesuksesan terbuka lebar jika ia konsisten menjaga performanya dan Dortmund memiliki pemain-pemain berkualitas.

"Ini bagus, memang seharusnya begitu. Baru beberapa pekan sejak saya tiba dan ini spesial untuk pergi ke klub baru, tetapi gila betapa saya merasa sudah menjadi bagian dari tim. Suasana di dalam tim sangat bagus," tambah Haaland.

"Ketika saya dan ayah saya memutuskan klub ini, kami melihat semua pemain yang bisa membantu saya (mencetak gol). Dan Anda dapat melihat bahwa hari ini, ada kualitas ekstrim dalam sisi ini. Setelah hanya beberapa pemain menit di lapangan saya mendapat umpan sempurna dari Jadon dan kemudian ada orang-orang seperti (Thorgan) Hazard dan (Marco) Reus, yang merupakan pemain yang sangat bagus."

"Semua orang di sini berbakat. Ini bekerja dengan baik hari ini dan pelatih lah yang memutuskan bagaimana kami harus bermain. Bergantung kepada kami untuk tampil bagus (atau tidak) di lapangan. Dan Anda dapat melihat bahwa koneksi ke pemain lain sudah ada. Begitulah halnya dengan para pemain berbakat yang bermain di level setinggi itu," urai Haaland.