BolaSkor.com - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, menyesalkan kasus korupsi Federasi Angkat Besi Dunia (IWF). Bahkan, Bach mengindikasikan bakal mencoret cabang olahraga tersebut dari Olimpiade 2020.

Laporan independen mengungkapkan skandal korupsi IWF beberapa waktu lalu. Menurut laporan tersebut, kasus itu sudah berlangsung selama puluhan tahun.

Adalah Mantan Presiden IWF, Tamas Ajan, yang dituding sebagai dalang di balik kasus korupsi tersebut. Parahnya kasus korupsi itu terkait dalam skandal doping.

Baca Juga:

Ada Aturan IOC Larang Atlet Olimpiade Protes Kematian George Floyd

Masuki Usia 54 Tahun, Pordasi Kejar Target Prestasi di Olimpiade

Skandal tersebut tentunya mencoreng nama baik IWF di mata dunia. Bahkan, Bach sampai mengancam bakal mencoret angkat besi dari Olimpiade 2020.

"Kami sangat prihatin dengan laporan korupsi ini. Korupsi yang terjadi pada bagian anti doping dan tata kelola," Bach menanggapi kasus tersebut.

"Kami akan memberikan keputusan setelah mengadakan pertemuan dengan komisi pengawasan IWF. Terdapat berbagai langkah hukuman, termasuk skorsing dalam Olimpiade 2020."

"Petinggi organisasi olahraga seperti itu tidak akan diterima oleh IOC. Mereka tidak akan ikut dalam diskusi persiapan Olimpiade 2020," lanjutnya.

Ajan yang telah menjadi pengurus IWF sejak dekade 1970an menyangkal melakukan tindak korupsi. Namun, dalam laporan independen dijelaskan secara rinci kasus korupsi besar-besaran itu.