BolaSkor.com – Tidak mudah bagi Timnas Indonesia meraih kemenangan saat menjamu Timor Leste di laga kedua grup B Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Indonesia sempat tertinggal 0-1 sebelum berbalik menang 3-1 di babak kedua.

Timor Leste unggul dari gol yang dicetak Rufino Gama di menit 48. Gol itu memberikan suntikan motivasi kepada Indonesia yang kemudian berbalik unggul dari gol Alfath Fathier (60’), Stefano Lilipaly (penalti di menit 69), dan Alberto “Beto” Goncalves di menit 82.

Permainan Tim Garuda baru meningkat drastis di babak kedua setelah penyerang sayap Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, bermain menggantikan Febri Haryadi. Dengan tubuhnya yang kecil dan pergerakannya yang lincah, Riko menjadi momok di sisi kiri pertahanan Timor Leste.

Efek bermain yang diberikan Riko benar-benar mengangkat performa Indonesia secara menyeluruh. Andik Vermansah, pemain yang lebih senior dan berpengalaman dari Riko di Timnas Indonesia dan juga ajang Piala AFF, sampai salut dengan Riko.

“Syukur alhamdulillah, meskipun susah, alhamdulillah kita diberi kemenangan dan tekanan tinggi (sejak awal laga). Tetap dukung kami, optimis untuk laga selanjutnya (melawan Thailand),” ucap Andik di sesi konferensi pers pasca laga kontra Timor Leste di Gelora Bung Karno.

“Jujur saya pribadi, saya salut kepada Riko, masuknya Riko menambah daya serang dan semangat kami. Tapi, bukan Riko saja, semua pemain bagus dan bekerja keras untuk negara. Sekali lagi, saya salut kepada Riko,” sambungnya.

Menilik performa dan dampak yang diberikan Riko pada laga melawan Timor Leste, sudah sewajarnya apabila Bima Sakti Tukiman, pelatih Timnas Indonesia, memberikan kesempatan kepadanya bermain sebagai starter saat melawan Thailand ketimbang Irfan Jaya atau Febri Haryadi.

Apalagi, pertandingan Indonesia tidak mudah dan level bermainnya jauh di atas Timor Leste: Thailand. Di laga pertama grup B Thailand menang 7-0 atas Timor Leste. Indonesia akan melawan Thailand pada Sabtu (17/11) di Stadion Rajamangala, Bangkok.