Anomali Roberto Firmino di Tim Nasional Brasil

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 16 Maret 2018
Anomali Roberto Firmino di Tim Nasional Brasil
Roberto Firmino (Zimbio)

BolaSkor.com - Eduardo Uram selalu tampil nyentrik ketika bertemu dengan perwakilan klub. Ia perlu tampil mengesankan dengan tujuan menarik perhatian calon rekan bisnisnya. Iya, Uram adalah satu di antara agen pemain sepak bola paling jempolan di Brasil. Sang agen menjadi dalang di balik transfer Dani Alves ke Sevilla dan Maxwel ke Ajax Amsterdam ketika kedua pemain tersebut masih asing di telinga pecinta sepak bola.

Keputusan Uram kembali terbukti tepat ketika membawa Roberto Rirmino ke Eropa pada usia 19 tahun. Sang pemain meneken kontrak bersama Hoffenheim setelah sebelumnya menjadi pemain paling menjanjikan di Serie B Brasil pada 2010.

Kini, Firmino menjadi satu di antara pesepak bola Brasil yang mampu bersaing di Eropa bersama Liverpool. Padahal, dulu ia tak lebih dari seorang anak yang memiliki mimpi menjadi pemain bintang.

Dalam sebuah wawancara dengan EUL Esport, pelatih tim nasional Brasil, Tite, memastikan jika Roberto Firmino akan masuk ke skuat Samba untuk bertarung di Piala Dunia 2018. Meski begitu, masih terdapat pro dan kontra di Brasil mengenai pemanggilan Firmino tersebut. Tidak sedikit kalangan sepak bola Brasil yang menginginkan pemain
lain untuk menggantikan tempat Firmino.

Meski telah mendulang 22 gol dan 13 assist pada musim 2017-2018, pemain 26 tahun tersebut tidak mendapatkan dukungan secara utuh dari publik Brasil. Masyarakat Brasil masih berdebat soal siapa yang pantas untuk mendampingi Neymar sebagai juru gedor.

Selain Firmino, pilihan yang lebih populer bagi publik Brasil adalah penyerang Manchester City, Gabriel Jesus. Berikutnya muncul nama-nama pemain lain seperti Diego Souza, Jo hingga Diego Tradelli yang tengah berkarier di Negeri Tirai Bambu.

Jika kita menarik satu garis lurus, keputusan Eduardo Uram untuk memberikan jalan Firmino ke Eropa mungkin menjadi satu di antara penyebab pro dan kontra. Firmino hanya mengecap kurang dari satu tahun bermain di Brasil. Tak heran, selain pendukung Figueirense, hanya sedikit orang yang mengenalnya ketika pindah ke Hoffenheim.

firmino
Roberto Firmino (Zimbio)

Tak heran sang pemain mendapat julukan "The New Alfonso Alfes". Pemain yang bermain di luar Brasil dan mendapat kritik ketika membela tim nasional.

Publik Brasil sepertinya skeptis dengan kemampuan Firmino meski saat ini ia mampu menjadi tulang punggung Liverpool. Firmino diprediksi akan mengalami nasib yang sama seperti Alves, Sonny Anderson dan Giovane Elber.

Komentator sepak bola Brasil yang paling berpengaruh, Walter Casagrande, mengakui bahwa renggangnya hubungan Firmino dengan suporter adalah sebuah masalah.

"Anak-anak kita seharusnya tidak meninggalkan negara terlalu dini. Jika tidak, mereka akan menghadapi hal yang sama dengan yang harus ditangani Firmino saat dia bermain di tim nasional. Dia melakukannya dengan sangat baik untuk Liverpool, tetapi dia tidak memiliki latar belakang lokal. Kultur yang seharusnya mengakar baginya,"
kata Casagrande.

Casagrande termasuk di antara mereka yang lebih memilih Jo, ujung tombak Corinthians, sebagai pelapis Jesus.

"Jo adalah pesepak bola yang lebih baik dari pada Firmino; Dia bisa menawarkan lebih banyak kepada tim daripada yang dilakukan Firmino, "klaimnya.

Merujuk kepada Piala Dunia 2018 yang mulai mendekat, pertandingan persahabatan kontra Rusia dan Jerman pada Maret akan menjadi panggung pembuktian untuk Firmino. Kesempatan tersebut harus dimanfaatkan Firmino untuk menyegel satu tempat di timnas meski kritik terus menerpa.

Jika orang tua kita sering mengatakan lebih baik hujan batu di negeri sendiri daripada hujan emas di negeri orang. Namun, Firmino memiliki perjalanan hidup yang berbeda

Roberto Firmino Liverpool
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan