BolaSkor.com - 12 Maret 1938, Jerman melakukan aneksasi ke Austria. Mereka melakukan penyatuan tanpa melakukan pertempuran sama sekali meski telah dilarang oleh Sekutu.

Anschluss Osterreichs, demikian proses itu biasa disebutkan. Anschluss Osterreichs merupakan tahap awal Adolf Hitler dalam mendirikan kekaisaran yang mengutamakan Kaum Arya.

Dalam Anschluss Osterreichs, Hitler berniat mengembalikkan wilayah Jerman yang hilang pada Perang Dunia I. Padahal, Austria tidak pernah menjadi bagian dari Jerman saat itu.

Proses Anschluss Osterreichs memengaruhi berbagai bidang di Austria. Selain faktor politik, kejadian tersebut juga berimbas ke tempat lain seperti olahraga dan sepak bola.

Baca Juga: Niko Kovac Dongkol 3 Pemain Bayern Munchen Dicoret dari Timnas Jerman

Nazi di Piala Dunia 1938
Nazi di Piala Dunia 1938

Pada tahun yang sama, Piala Dunia diadakan di Prancis. Sejatinya Austria berhak untuk tampil pada ajang tersebut karena lolos fase kualifikasi.

Akan tetapi, Austria terpaksa mengundurkan diri dari Piala Dunia 1938. Hal itu karena timnas Jerman yang didukung oleh Nazi juga tampil pada ajang tersebut.

Bahkan, sejumlah pemain Austria memutuskan untuk tampil bersama timnas Jerman. Namun, tidak diketahui apakah keputusan itu atas kemauan sendiri atau karena desakan Nazi.

Meski begitu, ada sejumlah pemain Austria yang menolak tampil untuk timnas Jerman. Termasuk di antaranya pemain bintang Matthias Sindelar.

Timnas Jerman sendiri datang ke Prancis dengan membawa semangat tinggi. Bukan tanpa alasan, mereka ditunjang oleh Nazi yang tengah berjaya kala itu.

Keberhasilan timnas Italia merengkuh trofi Piala Dunia empat tahun sebelumnya menjadi alasan Nazi Jerman. Kala itu, Gli Azzurri juga ditopang diktator, Benito Mussolini.