BolaSkor.com - Nama Ansu Fati tengah menjadi sorotan setelah menyumbang satu gol saat Spanyol menang 4-0 atas Ukraina di ajang UEFA Nations League, Senin (7/9) dini hari WIB. Torehan tersebut membuatnya memecahkan rekor pencetak gol termuda Spanyol yang sudah bertahan 95 tahun.

Ansu Fati memecahkan rekor itu dengan cara yang istimewa. Ia mencetak gol spektakuler lewat tendangan keras dari luar kotak penalti.

Pemain berdarah Guinea Bissau itu mencetak gol saat berusia 17 tahun 311 hari. Ia memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Juan Errazquin.

Errazquin memegang rekor pencetak gol termuda Spanyol sejak tahun 1925. Ia mencetak gol ke gawang Swiss ketika berusia 18 tahun 344 hari.

Baca Juga:

Remaja Berusia 17 Tahun Kirim Inter Milan ke Liga Europa

Spanyol 4-0 Ukraina: Ansu Fati Pecahkan Rekor Berusia 95 Tahun

Tinggalkan Kakak Lionel Messi, Ansu Fati Gabung Agennya Cristiano Ronaldo

Ansu Fati

Sebelum mencetak gol, Ansu Fati beberapa kali juga meneror pertahanan Ukraina lewat aksi individunya. Salah satunya bahkan berujung dengan ahdiah penalti yang sukses dikonversi menjadi gol pembuka oleh Sergio Ramos.

Penampilan impresif Ansu Fati membuat Luis Enrique selaku pelatih timnas Spanyol takjub. Ia menilai sang pemain memiliki mentalitas layaknya pemain senior.

"Kepercayaan diri itu tidak normal untuk dilihat. Dia baru berusia 17 tahun, tapi di pertandingan keduanya bersama tim nasional berani melakukan semua ini," kata Enrique usai laga.

Ansu Fati seperti memang terlahir untuk memecahkan rekor. Hal itu sudah dilakukannya sejak melakoni debut di tim senior Barcelona pada musim lalu.

Ansu Fati secara mengejutkan dimasukkan ke dalam skuat tim senior Barcelona pada pekan kedua LaLiga 2019-2020, 25 Agustus 2019. Saat itu lini depan tim asuhan Ernesto Valverde memang tengah mengalami krisis pemain.

Dalam laga tersebut, Ansu Fati tampil sebagai pemain pengganti. Ia bermain sejak menit ke-77 saat kedudukan 5-1 untuk Barcelona.

Meski tak mencetak gol, permainan Ansu Fati cukup impresif sehingga mencuri perhatian penonton. Apalagi saat itu usianya baru 16 tahun 9 bulan 25 hari.

Namun dengan usianya tersebut, Ansu Fati gagal memecahkan rekor sebagai debutan termuda Barcelona di LaLiga. Ia hanya menempati peringkat kedua di bawah Vicente Martinez dengan selisih 18 hari saja.

Ansu Fati

Enam hari kemudian, rutinitas Ansu Fati sebagai pemecah rekor-rekor termuda dimulai. Ia mencetak satu gol saat Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Osasuna.

Gol tersebut menjadikannya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Barcelona. Pekan selanjutnya, Ansu Fati memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol dan assist dalam satu laga di LaLiga saat berhadapan dengan Valencia.

Rutinitas Ansu Fati memecahkan rekor termuda berlanjut di Eropa. Ia menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Liga Champions saat Barcelona menang 2-1 di kandang Inter Milan, Desember 2019.

Saat melakukannya, Ansu Fati sudah berusia 17 tahun 40 hari. Ia melewati Peter Ofori-Quaye yang memegang rekor tersebut sejak Oktober 1997.

Pencetak gol termuda Spanyol menjadi rekor terbaru yang dipecahkan Ansu Fati. Tiga hari sebelumnya, ia lebih dulu memecahkan rekor debutan termuda di skuat La Furia Roja yang bertahan sejak 84 tahun silam.

Sinar terang Ansu Fati diyakini masih belum berakhir. Bukan tidak mungkin rekor-rekor lain akan kembali dipecahkan pemain yang sempat diburu Manchester United tersebut.