BolaSkor.com - Wonderkid Barcelona, Ansu Fati, terus mengundang perhatian melalui penampilannya di Spanyol. Teranyar, penyerang berusia 16 tahun kembali memecahkan rekor ketika Barcelona menjamu Valencia di Camp Nou, Minggu (15/9) dini hari WIB.

Barcelona meraih kemenangan telak 5-2 atas Valencia di Camp Nou melalui gol yang dicetak Ansu Fati (2'), Frenkie de Jong (7'), Gerard Pique (51'), dan dua gol Luis Suarez (61' dan 82'), yang diperkecil dua gol Kevin Gameiro (27') dan Maxi Gomez (90+2').

Fati sudah mulai memecahkan rekor ketika ia dijadikan starter oleh Ernesto Valverde. Pemain dengan nomor punggung 31 menjadi pemain termuda Barca sepanjang masa yang menjadi starter di Camp Nou, mengalahkan rekor Marc Muniesa pada 2009.

Baca Juga:

9 Jebolan La Masia yang Debut di Era Ernesto Valverde

Deretan Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah LaLiga

Mengenal Ansu Fati, Pemain 16 Tahun sebagai Debutan Termuda Barcelona Sepanjang Sejarah

Ansu Fati

Hanya Vicenc Martinez yang lebih muda dari Fati di laga kandang-tandang untuk Barcelona saat melawan Real Madrid pada 1941. Martinez berusia 16 tahun 280 hari. Fati kembali memecahkan rekor via gol dan assist-nya untuk gol De Jong.

Menurut OptaJose, Ansu Fati jadi pemain termuda di LaLiga abad 21 dengan gol dan assist-nya (pada usia 16 tahun dan 318 hari). Golnya menjadikan Fati sebagai pemain termuda sepanjang masa yang mencetak gol di Camp Nou.

Perjalanan karier Fati bersama Barcelona masih sangat panjang. Terlalu cepat menggadangnya sebagai suksesor Lionel Messi di Barcelona. Bek Barcelona, Clement Lenglet, mengingatkan hal tersebut dan berharap Barcelona tidak memberi tekanan kepada pemain kelahiran Bissau-Guinea itu.

"Dia (Fati) berusia 16 tahun dan kami harus bersabar dengannya. Memang benar dia mengambil keuntungan dari kesempatan yang didapatnya dan dia anak yang baik serta layak mendapatkan masa depan yang diharapkannya," tutur Lenglet di Sport-English.

"Saya benar-benar bahagia untuknya, tapi kami harus memberinya waktu karena dia berusia 16 tahun dan hal-hal dapat berubah cepat. Saya harap tidak, tapi kami harus menjaga dan mendukungnya ketika dia bermain. Saran saya untuk mendengarkan orang-orang dan bekerja keras karena sangatlah sulit bermain untuk Barcelona."