BolaSkor.com - Tentunya tidak mudah bagi para atlet untuk dapat mengeluarkan performanya dalam ajang Olimpiade. Dengan embel-embel pertandingan olahraga kasta tertinggi, para atlet akan dihadapkan dengan beban mental yang besar.

Oleh sebab itu persiapan nonteknis menjadi faktor penting yang juga perlu mendapat perhatian. Jangan sampai dalam Olimpiade Tokyo 2020, atlet harus menerima kekalahan hanya karena faktor nonteknis seperti gugup dan kurang percaya diri.

Apalagi jika Olimpiade 2020 kali ini merupakan pengalaman yang pertama kalinya. Tentunya beban mental yang muncul akan terasa semakin berat.

Baca Juga:

Naga Api Pastikan Kevin/Marcus Siap Unjuk Gigi di Olimpiade

Jonatan Christie Bawa Semangat Piala Eropa ke Olimpiade Tokyo 2020

Untuk mengakali hal tersebut, pebulu tangkis sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting, akan melakukan persiapan nonteknis disela-sela latihannya saat di Kumamoto. Ginting beralasan hal ini dilakukan agar dapat beradaptasi dengan atmosfer Olimpiade Tokyo 2020.

“Persiapan sih sudah ok dan cukup. Tinggal finishing di minggu terakhir. Lalu di Kumamoto nanti juga akan ada persiapan untuk feeling juga,” jelas Ginting.

Hal senada juga diungkapkan oleh pebulu tangkis ganda campuran, Melati Daeva Oktavianti. Pebulu tangkis kelahiran Serang ini juga akan melakukan persiapan nonteknis saat tiba di Kumamoto nanti.

“Ada sepuluh hari persiapan di Kumamoto. Saya akan melakukan persiapan yang kecil-kecil. Contohnya seperti nonteknis kayak mental. Karena ini pertama kalinya (ikut kompetisi sebesar ini),” ungkap Melati.

Penulis: Bintang Rahmat