BolaSkor.com - Berbeda dengan biasanya, Piala Dunia 2022 di Qatar akan digelar pada November-Desember atau periode musim dingin di Eropa. Dengan kata lain, Piala Dunia 2022 akan berlangsung saat kompetisi di kebanyakan negara Eropa sedang berjalan, termasuk Premier League.

Selama ini Premier League dikenal sebagai kompetisi yang sangat rapi dalam penyusunan jadwal pertandingan. Bahkan setiap tahunnya Premier League selalu awal merilis jadwal musim baru.

Baca Juga:

Nostalgia - Ketika Diego Maradona Hancurkan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979

Stadion Si Jalak Harupat Siap Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Kali ini, Premier League juga sudah sudah mulai menyusun rencana penjadwalan kompetisi musim 2022-23 sebagai antisipasi Piala Dunia 2022.

Dalam rancangan jadwal, pemain Premier League dapat menghadapi prospek masih bermain sembilan hari sebelum dimulainya Piala Dunia.

Draft rencana itu sendiri telah dibagi kepada klub-klub. Dari rancangan tersebut diketahui jadwal Premier League terpotong Piala Dunia yang diadakan dari 21 November hingga 18 Desember.

Jadwal menunjukkan jika masih klub-klub masih bertanding pada 12 November. Setelah libur selama Piala Dunia, kompetisi Premier League kembali dilanjutkan 26 Desember atau delapan hari setelah laga final.

Sehubungan dengan Piala Dunia 2022, Premier League akan dimulai lebih cepat satu minggu dan selesai satu pekan lebih lama dari biasanya. Total, untuk Piala Dunia, Premier League hanya libur enam pekan.

Masalah ini masih akan dibahas pada pertemuan pemegang saham Premier League berikutnya yang akan digelar November mendatang.

Bagaimana dengan kompetisi level di bawah Premier League? Untuk Championship, kompetisi tetap diliburkan meski tidak selama Premier League. Sedangkan kompetisi League One dan League Two tetap berjalan selama Piala Dunia berlangsung.

Penjadwalan Premier League memang diprediksi akan banyak menuai masalah, terutama bagi pelatih tim nasional. Hal ini mengingat para pelatih tidak punya waktu banyak untuk mempersiapkan skuatnya. Tidak seperti biasa saat mereka memiliki waktu beberapa pekan sebelum turnamen berlangsung.