Apa yang Bisa Olivier Giroud Berikan kepada Chelsea?

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 05 Februari 2018
Apa yang Bisa Olivier Giroud Berikan kepada Chelsea?
Olivier Giroud (kiri) bersama manajer Chelsea Antonio Conte. (ChelseaFC)

BolaSkor.com - Olivier Giroud kemungkinan akan melakoni debut bersama Chelsea dalam laga kontra Watford, Selasa (6/2) dini hari WIB. Chelsea membutuhkan kemenangan untuk bisa menyalip Liverpool di posisi ketiga klasemen.

Chelsea berhasil mendatangkan Olivier Giroud pada hari terakhir jendela transfer Januari. Sebelumnya The Blues gagal mendatangkan beberapa penyerang incaran, seperti Edin Dzeko.

Tugas berat sudah ada di depan mata Giroud yang disuguhkan kekalahan telah 0-3 saat pertama kali berada di Stamford Bridge sebagai pemain Chelsea. Cederanya Alvaro Morata dan dipinjamkannya Michy Batshuayi ke Borussia Dortmund membuat sorotan beralih ke Giroud.

Pada bursa transfer Januari, jelas terlihat Chelsea sangat mengejar penyerang yang memiliki kekuatan dalam duel udara. Nama-nama seperti Andy Carroll, Peter Crouch, Edin Dzeko, dan Ashley Barnes masuk dalam daftar belanja Chelsea. Kesemua incaran itu memiliki kesamaan: target man jangkung.

Chelsea akhirnya mendapatkan Giroud. Jika yang menjadi target adalan penyerang dengan kekuatan duel udara, maka Chelsea sukses mendapatkannya. Sejak awal musim 2012-13 hingga saat ini, Giroud merupakan penyerang dengan jumlah gol sundulan terbanyak di Premier League.

Penyerang Prancis itu sudah membuat 27 gol sundulan kepala. Dia unggul jauh dari Andy Carroll dan Peter Coruch yang sama-sama mencetak 15 gol lewat kepala.

Cara bermain Giroud sangat cocok dengan sistem yang dipakai Chelsea asuhan Antonio Conte. Dalam menyerang Chelsea sangat kental menggunakan kedua sisi lapangan. Marcos Alonso, Victor Moses, dan Davide Zappacosta sangat aktif menyerang dari sayap.

Musim ini Chelsea ada di urutan kedua untuk umpan silang dalam permainan terbuka. Dengan 393 umpan silang, Chelsea hanya kalah dari Manchester United.

Lalu, bagaimana setelah Alavaro Morata sudah kembali fit? Chelsea pun tampaknya tak perlu khawatir. Karena Giroud juga dikenal sebagai supersub. Giroud memiliki catatan bagus dalam hal mencetak gol sebagai pemain pengganti. Sejak musim 2012-12, Giroud mencetak 17 gol sebagai pemain pengganti, terbanyak di Premier League. Gol-gol yang dibuatnya pun acap menentukan, entah itu gol kemenangan atau penyeimbang.

Salah satu parameter striker adalah efisiensi dalam mencetak gol, berapa menit yang dibutuhkan untuk membuat gol. Untuk yang satu ini, lagi-lagi Giroud ada di urutan atas. Dari musim 2012-13, Giroud mencatat rata-rata satu gol tiap 154 menit, tertinggi di antara penyerang Arsenal lain. Bandingkan dengan Robin van Persie yang mencetak satu gol tiap 142 menit atau eks Chelsea Diego Costa dengan gol tiap 145 menit.

Dengan kata lain, dilihat dari catatan statistik, Olivier Giroud memiliki semua yang dibutuhkan Chelsea. Jadi menarik ditunggu kiprah Giroud bersama The Blues.

Chelsea Olivier giroud
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.056

Bagikan