BolaSkor.com - Api obor Asian Games 2018 telah berada di Kota Bandung. Arak-arakan dimulai di pintu tol Pasteur, Jalan Dr. Djundjunan Bandung, Sabtu (11/8).

Obor pertama diterima langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial dan langsung disambut tarian tradisional khas Jawa Barat.

"Kita mendapatkan penghormatan Kota Bandung dari 53 kota kabupaten yang didatangi kirab obor, salah satunya Kota Bandung. Ini sebagai penghormatan untuk Kota Bandung," ucap Oded dalam sambutannya.

Setelah diterima Oded, obor kemudian diserahkan kepada Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, Djadjang Nurdjaman dan 18 pelari lainnya secara estafet, hingga tiba di titik akhir di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung.

Api abadi yang menjadi simbol semangat juang berolahraga itu pun akan diinapkan satu hari sebelum nantinya diarak kembali di Garut Jawa Barat pada Minggu (12/8).

Tourch Relay Asian Games 2018 di Bandung. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

"Kita kedatangan api Asian Games di Jabar khususnya di Bandung. Kita bangga api bisa berada di Gedung Sate karena waktunya cukup panjang, 56 tahun berada lagi di Indonesia," ucap Pj Gubernur Jawa Barat, M Iriawan.

Iriawan pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyambut Asian Games 2018 dengan meriah. Dengan harapan agar para atlet Indonesia bisa maksimal hingga meraih medali emas.

"Kemarin kita juga mendapatkan apresiasi dari kontingen Hongkong dan Laos bahwa penerimaan para panitia dan seluruhnya di Stadion Patriot Bekasi dapat apresiasi. Itu yang kita inginkan. Kedua dengan semangat ini kita berharap bertempur di event olahraga sehingga harapan rakyat Jabar dan Indonesia bisa juara," katanya.

Sayangnya, dikatakan Iriawan, api abadi Asian Games 2018 ini hanya diinapkan satu hari di Kota Bandung. Menurut jadwal, api obor akan langsung diserahkan ke kota Jabar lainnya yakni di Garut.

"Mungkin besok jam 07.00 WIB berangkat. Selama diinapkan kita siapkan acara musik, band dan tarian lainnya untuk menyemarakkan. Silakan masyarakat berfoto dengan api Asian Games karena ini momentum bersejarah bagi Jabar dan Indonesia," tegasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)