APPI Bersikap soal Liga 2 dan Liga 3 Disetop, Minta FIFA serta AFC Lakukan Investigasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 14 Januari 2023
APPI Bersikap soal Liga 2 dan Liga 3 Disetop, Minta FIFA serta AFC Lakukan Investigasi
FC Bekasi City di Liga 2. (LIB)

BolaSkor.com - Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) menyatakan sikapnya atas penghentian Liga 2 dan Liga 3 2022/2023. APPI ingin Liga 2 dan Liga 3 kembali berlanjut.

Sebelumnya, rapat Exco PSSI memutuskan Liga 2 2022/2023 dan Liga 3 2022/2023 dihentikan, Kamis (11/1). Sekjen PSSI Yunus Nusi mengklaim ada 20 dari 28 klub yang menginginkan Liga 2 berhenti.

Namun, statment Yunus Nusi mengundang perdebatan. Ada beberapa klub yang merasa tidak menyuarakan Liga 2 berhenti. Bahkan mereka menganggap tanda tangan mereka dipalsukan.

APPI yang mewadahi para pesepak bola profesional di Indonesia terus mendorong Liga 2 dan Liga 3 Dilanjutkan.

Baca Juga:

FC Bekasi City Berkomitmen Secara Tegas Ingin Liga 2 Dilanjutkan!

Pemilik Bekasi City FC Dorong PT LIB Gulirkan Lanjutan Liga 2 Secepatnya

"Setelah kompetisi Liga 1 dapat kembali bergulir pasca penghentian kompetisi akibat tragedi kanjuruhan, merupakan hal yang sangat ironis ketika kompetisi Liga 2 dan Liga 3 harus diberhentikan secara mendadak sesudah banyaknya harapan yang telah diberikan terkait penyelenggaraan Kompetisi awal tahun 2023 ini," ujar APPI, dalam rilisnya.

"APPI sangat menyayangkan keputusan sepihak terkait penghentian Liga 2 dan 3 2022/2023. Keputusan federasi menghentikan Liga 2 berdasarkan kesepakatan sebagian besar klub anggota Liga 2 tidak disertai dengan alasan yang jelas."

Alasan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk penghentian Liga 2 dan Liga 3 bukan dalam keadaan force majeur alias kondisi kahar. APPI kemudian mempertanyakan alasan itu.

"Termasuk didalamnya adalah tidak ada skema antisipasi dan kompetisi yang disiapkan untuk mencegah terjadinya penghentian kompetisi ini. Perlu digaris bawahi bahwa penghentian kompetisi Liga 2 2022/2023 bukanlah suatu force majeur atau Keadaaan Kahar baik menurut kontrak profesional, peraturan FIFA ataupun peraturan perundang-undangan di Indonesia," jelas APPI.

Minta FIFA dan AFC Lakukan Investigasi

APPI telah melakukan korespondensi dengan Asioasi Pemain Profesional Dunia (FIFPRO).

"Serta meminta FIFA dan AFC untuk menginvestigasi penghentian Liga 2 dan Liga 3 ini. APPI juga masih akan terus melakukan komunikasi dengan para pemangku kebijakan, stakeholder serta menjalin koordinasi dengan para pesepakbola yang bermain di Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 Indonesia," tegas APPI.

Bagi APPI, penghentian Liga 2 dan Liga 3 merupakan kemunduran bagi sepak bola Indonesia. APPI pun tidak tinggal diam, terutama mewadahi para pemain.

"Akan berimbas pada konsekuensi yang sangat kompleks, termasuk konsekuensi hukum yang tentunya akan ditempuh para pesepak bola," tutur APPI.

Pssi Appi Liga 2 Liga 3 Breaking News PT LIB PT Liga Indonesia Baru
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.858

Bagikan