APPI Bicara soal Hukuman yang Pas Dikeluarkan oleh PSSI

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 25 September 2018
APPI Bicara soal Hukuman yang Pas Dikeluarkan oleh PSSI
Pesepak bola dalam APPI. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) angkat bicara soal hukuman yang pantas dikeluarkan PSSI. Ini terkait pengeroyokan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Pengeroyokan secara membabi buta terjadi di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (23/9). Itu sebelum Persib Bandung berhadapan dengan Persija Jakarta.

Adalah Haringga Sirila yang meregang nyawa karena mendapat kekerasaan bertubi-tubi. Ia meninggal di tempat kejadian.

"Hukuman itu pertama tergantung sidang Komdis PSSI dan PT Liga. Tapi kalau ingin memberikan perbandingan, ada beberapa kasus yang bisa menjadi contoh dan keputusannya bisa dicontoh," kata Ponaryo Astaman, General Manager APPI, Selasa (25/9).

"Pengurangan poin bisa jadi contoh hukuman, termasuk bertanding di luar daerah mereka, juga tanpa disertai penonton. Itu alternatif untuk diambil oleh PSSI dan PT Liga. Ada kasus yang bisa menjadi refrensi dan berserta hukumannya."

Yang jelas, menurut Ponaryo Astaman, hukuman harus tegas. Selain itu juga dirasakan betul oleh kelompok suporter.

"Hukuman yang diambil terhadap kejadian ini sebisa mungkin lebih berat dari hukuman sebelumnya. Sehingga tak terulang lagi kejadian ini, terutama ke suporter. Ada kesan bahwa yang rasakan bukan suporter, tapi klubnya. Karena denda uang yang bayar klub, bukan suporter, sementara partai usiran tanpa penonton di dalam stadion kosong, tapi di luar bisa tawuran."

"Hal ini harus bisa dieleminir atau diantisipasi dengan hukuman lebih berat dari sebelumnya. Kalau suporter merasakan dampak hukuman itu, niscaya mereka akan berpikir melakukan pelanggaran, karena tidak akan merugikan klub yang dicintai," jelas Ponaryo.

Breaking News PSSI Appi Liga 1 Jakmania Bobotoh Persija jakarta Persib Bandung
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan