BolaSkor.com - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mendesak PSSI untuk bisa segera memutuskan nasib dari lanjutan kompetisi Liga 1 2020/2021 dan Liga 2 2020/2021. Hal ini APPI lakukan agar pemain bisa mendapatkan kepastian terkait dengan kontrak mereka.

Saat ini mayoritas pemain di klub Liga 1 kontraknya sudah habis per Desember lalu. Maka dari itu nasib bagi beberapa pemain yang kontraknya habis akan tidak jelas dengan klub tersebut. Terlebih ada isu jika kompetisi kembali dilanjutkan terdapat aturan yang tidak memperbolehkan pemain pindah ke klub lain dalam divisi yang sama.

Hal ini jelas melanggar asas kebebasan berkontrak untuk melakukan perpindahan atau transfer yang mana telah tertuang dalam Regulasi FIFA (Bosman Ruling).

Baca Juga:

Keputusan Nasib Lanjutan Liga 1 2020/2021 Bisa Keluar Hari Ini

Melvin Platje Tolak Klub Eropa demi Target bersama Bali United

“Kami telah mengirimkan Surat kepada PSSI untuk mereka segera memutuskan status keberlanjutan kompetisi apakah tetap lanjut untuk musim 2020 atau dihentikan dan dimulai musim kompetisi yang baru,” kata Presiden APPI, Firman Utina.

Lebih lanjut, General Manager APPI, Ponaryo Astaman juga mengomentari terkait dengan pembubaran tim. Menurutnya ini akan menjadi berat tersendiri untuk para pemain terlebih ada isu tidak boleh pinda ke klub lain yang ada satu divisi.

“Beberapa poin yang kami sampaikan ialah mengenai laporan beberapa pemain yang telah diputus kontrak dan dibubarkan tim nya, kemudian juga konfirmasi tentang isu regulasi yang mengatakan pemain tidak dapat pindah ke klub lain dalam lanjutan liga nanti, yang jelas hal ini melanggar aturan dalam RTSP FIFA,” pungkas Ponaryo.