APPI Minta PSSI Bayar Gaji Pemain Sesuai dengan Undang-Undang

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Rabu, 17 Juni 2020
APPI Minta PSSI Bayar Gaji Pemain Sesuai dengan Undang-Undang
Pesepak bola dalam APPI. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) mendesak PSSI untuk bisa membayar gaji pemain sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Desakan ini muncul dari APPI lantaran masih banyak pemain yang mendapat gaji dibawa Upah Minimum Reginonal (UMR).

Seperti diketahui, PSSI mengeluarkan kebijakan kepada tim Liga 1 dan Liga 2 soal pembarayan gaji kepada pemain lewat Surat Keputusan PSSI bernomor SKEP/48/III/2020 perihal pembayaran gaji 25 persen selama April-Juni lantaran pemberhentian kompetisi.

Namun ketika tim melakukan kebijakan tersebut, banyak sekali pemain yang menerima gaji di bawah UMR. Maka dari itu, APPI ingin memperjuangkan keadilan para pemain terkait dengan nasib gaji yang masih diterima di bawah UMR.

Baca Juga:

APSSI Serahkan ke PSSI untuk Sesuaikan Format dan Regulasi jika Liga 1 2020 Dilanjutkan

Hasil Rapat Virtual dengan PSSI, APPI dan APSSI Ingin Kompetisi Dilanjutkan

"Memang ada pemain yang menerima tapi di bawah UMR/UMP Kesepakatan apapun. Kalau di bawah UMR? UMP itu sudah pasti batal demi hukum. Artinya, klub berkewajiban memberikan pemain itu minimal UMR/UMP," kata kuasa hukum APPI, Mohammad Agus Riza.

Riza menambahkan, jika memang pemain tidak menerima gaji stadar UMR itu sangat merugikan untuk pemain. Merujuk pada Pasal 90 Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 pada ayat 1 berbunyi : "Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum sebagaimana dimaksud pasal 89.

"Kalau Liga 1 seharusnya di atas UMR setelah dipotong. Yang riskan itu Liga 2 karena rata-rata gaji mereka Rp 5 jutaan. Bayangkan dipotong 50 persen, pasti di bawah UMR/UMP," dia menjelaskan.

"Pemain berhak menuntut. Kalau mereka memilih menerima di bawah UMR/UMP harus diihitung selisihnya. Kekurangan itu bisa diminta ke klub," pungkasnya.

Pssi Liga 2 Appi Liga 1
Posts

4.871

Bagikan