Aprilia Bakal Kehilangan Hak Istimewa, Espargaro Justru Lega

Andhika PutraAndhika Putra - Sabtu, 30 April 2022
Aprilia Bakal Kehilangan Hak Istimewa, Espargaro Justru Lega

BolaSkor.com - Hasil positif yang diraih Aleix Espargaro selama ini membuat Aprillia terancam kehilangan hak konsesinya. Tim asal Noale, Italia itu akan diperlakukan sama seperti tim-tim pada umumnya.

Namun alih-alih kecewa, Espargaro justru gembira mendengar kabar tersebut. Pembalap asal Spanyol itu bahkan berharap Aprillia bisa keluar dari status konsesi di balapan selanjutnya, MotoGP Spanyol.

“Mungkin beberapa teknisi di Noale sedikit khawatir karena kehilangan status konsesi dibandingkan saya. Namun saya tidak pernah menyukai itu (status tersebut),” terang Espargaro, dikutip dari crash.net.

“Saya tidak bodoh, saya tahu status konsesi sangat membantu kami, tetapi saya tidak menyukainya sama sekali. Saya pikir hal ini membuktikan saya bisa berkendara di level tinggi, sama halnya dengan Aprillia yang berada di level baik,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, status konsesi diberikan kepada tim-tim yang kerap kali meraih hasil buruk. Tujuannya agar menyeimbangkan kekuatan antara tim besar dan tim kecil.

Selama berstatus konsesi, sebuah tim mendapat banyak keistimewaan. Di antaranya seperti diperbolehkan menggunakan jatah sembilan mesin, waktu uji coba yang lebih banyak, dan diberikan enam wild card selama satu musim.

Namun status konsesi itu bisa berakhir bila suatu tim berhasil mengumpulkan total enam poin. Poin itu di dapat jika tim tersebut berhasil meraih podium, dengan detail satu poin untuk podium ketiga, dua poin untuk podium kedua, dan tiga poin jika berhasil meraih podium pertama.

Hingga saat ini, Espargaro tercatat sudah mengumpulkan total lima poin konsesi. Satu poin saat meraih podium ketiga di MotoGP Inggris 2021, tiga poin ketika meraih podium pertama di MotoGP Argentina, dan satu poin saat finish di posisi ketiga di MotoGP Portugal.

“Bukan hal mustahil bisa mendapat hasil baik. Dari sekarang, saya pikir kita memiliki pondasi yang kuat. Saya harap di Jerez nanti (MotoGP Spanyol) kita bisa meninggalkan status konsesi,” pungkas saudara dari Pol Espargaro itu.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022 Aleix Espargaro
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan