BolaSkor.com - PSSI menggelar dua pertemuan virtual untuk meminta saran kelanjutan kompetisi sepak bola tanah air, Selasa (26/5). Selain Asosiasi Pemain Sepak Bola Indonesia (APPI), Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) juga dimintai pendapatnya.

Exco APSSI, Rahmad Darmawan, menilai langkah yang diambil PSSI sudah sangat tepat. Pelatih juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia sepak bola.

Pria yang juga menjabat sebagai Manajer Madura United tersebut mengakui ada keinginan kuat dari APSSI untuk melanjutkan kompetisi. Hal tersebut mengacu pada keputusan rapat internal APSSI.

"Sebelum (rapat) bersama PSSI, kami sudah menggelar meeting internal dulu di kalangan exco APSSI bersama dengan pelatih-pelatih yang lain. Hasilnya kemudian kami bawa ke rapat tadi," ujar pria yang akrab disapa RD tersebut.

Baca Juga:

Hasil Rapat Virtual dengan PSSI, APPI dan APSSI Ingin Kompetisi Dilanjutkan

Robert Rene Alberts dan Manajemen Persib Akan Duduk Bersama Bahas Latihan Tim dengan Catatan

"Kami menginginkan dan berharap kompetisi berlanjut, tapi semua tidak bisa dipastikan menunggu keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tanggal 29 besok," imbuhnya.

PSSI memang menangguhkan kompetisi mengacu pada status tanggap darurat yang dikeluarkan BNPB. Jika status tersebut dicabut, kompetisi bisa segera dilanjutkan paling cepat bulan Juli nanti.

"Saran kami kalau lanjut, mungkin tidak akan kekejar lagi (jadwal) menyelesaikan kompetisi yang tersisa karena kami baru memainkan 3 pertandingan. Jadi kalau mungkin dimulai bulan September tidak akan kekejar sampai Desember, mepet sekali jadwalnya. Belum lagi kesulitan transportasi," beber pria asal Lampung tersebut.

APSSI akhirnya mempersilahkan PSSI untuk mencari format ideal bila kompetisi ditangguhkan. Termasuk mengubah regulasi kompetisi.

"Akhirnya kami mempersilahkan PSSI membuat format yang ideal yang bisa menyelesaikan kompetisi musim ini. Apakah dua atau tiga wilayah, ataupun sistem home tournament. Tapi tentu ini harus didiskusikan dengan Exco dan pengurus PSSI terlebih dahulu," pungkasnya. (Laporan Kontributor Bima Pamungkas/Madura)