BolaSkor.com - Arema FC tampak tidak akan sembarangan lagi dalam memilih pelatih untuk memimpin tim mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2021, yang rencananya bergulir pada Juni mendatang.

Sejauh ini, Arema FC dikabarkan sudah mengerucutkan sejumlah nama pelatih melalui komunikasi dan negosiasi. Ia pun tak peduli dengan kualifikasi calon pelatih kepala nanti, apakah datang dari level top atau lainnya.

"Paling ideal tentunya adalah pelatih yang pernah berkarier di sepak bola Indonesia," kata Kuncoro, yang kini kembali menempati posisi sebagai asisten pelatih sesuai Piala Menpora 2021.

"Karena sedikit banyak sudah paham tentang karakter di tim ini. Kalau pelatih yang baru (datang ke Indonesia), ya butuh waktu (untuk adaptasi)," imbuhnya.

Baca Juga:

Persik Kediri Rombak Komposisi Pemain Usai Piala Menpora 2021

Soal Striker Asing untuk Liga 1, Arema FC Ogah Tertipu

Dan baginya, siapa pun pelatih tim Singo Edan, wajib mengantongi satu kriteria. Yaitu memiliki karakter sama dengan Arek Malang, yang optimistis, bermental juara dan pantang menyerah.

"Sejak awal, tim ini selalu dilatih oleh pelatih yang mempunyai karakter sama. Yaitu karakter permainan agresif dalam merebut bola," ucapnya.

Lantaran karakter itu lah yang menghadirkan sejumlah prestasi membanggakan bagi publik sepak bola Malang Raya. Dua diantaranya adalah trofi juara pada Kompetisi Galatama musim 1992/1993 dan Indonesia Super League 2009/2010 silam.

"Karakter tim ini memang begitu sejak dulu. Termasuk saat menjadi juara (kompetisi maupun turnamen)," pungkas pelatih yang dulunya dikenal sebagai gelandang tangguh di Arema, Mitra Surabaya hingga Persik Kediri tersebut. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)