BolaSkor.com - Arema FC menyusun kekuatan tim secara bertahap sebagai bagian dalam persiapan menuju kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang.

Posisi pelatih kepala menjadi kebutuhan utama bagi tim Singo Edan. Namun, Arema FC kini memperluas bidikannya dengan memasukkan sejumlah kandidat pelatih lokal.

"Rencana awalnya memang kami ingin mendatangkan pelatih asing. Tetapi kami juga tidak menutup mata atas opsi pelatih lokal," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Baca Juga:

6 Pemain Muda Curi Perhatian di Piala Menpora 2021

Arema FC Langsung Gelar Persiapan untuk Liga 1

Menurutnya, ada sejumlah pertimbangan dibalik kebijakan baru tersebut. Padahal, sebelumnya Arema FC cukup ngotot untuk menelusuri peluang mendatangkan pelatih asing sejak persiapan tim menuju Piala Menpora 2021 lalu.

"Pelatih lokal bisa melancarkan komunikasi dan juga adaptasi. Itu yang jadi pertimbangan," imbuh manajer asal Madiun tersebut.

Meski begitu, pihaknya memasang standar tinggi pada kualifikasi calon pelatih. Yaitu dengan wajib mengantongi lisensi kepelatihan AFC Pro, seperti halnya yang disyaratkan kepada pelatih asing.

"Karena Arema sudah lolos AFC Club License. Sehingga, kami mesti memenuhi sebagaimana syarat yang ditetapkan," tegasnya.

Sejumlah tim Liga 1 memang sudah menerapkan kebijakan serupa untuk sektor pelatih. Seperti Persita Tangerang yang dinahkodai Widodo Cahyono Putro, Persebaya Surabaya dengan Aji Santoso hingga Persik Kediri yang dipimpin Joko Susilo. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi/Malang)