Argentina 2-1 Australia: Gol Spesial di Laga ke 1000 Lionel Messi

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 04 Desember 2022
Argentina 2-1 Australia: Gol Spesial di Laga ke 1000 Lionel Messi
Argentina 2-1 Australia (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Argentina sukses lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat usai menang 2-1 atas Australia di Ahman bin Ali Stadium, Minggu (04/12) dini hari WIB. Lionel Messi menorehkan gol ke 789 pada laga ke 1000.

Jalannya Pertandingan

Pemenang laga antara Argentina kontra Australia ini sudah dinanti Belanda di perempat final. Belanda mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1 di laga yang sudah berlangsung.

Argentina bermain dengan taktik 4-3-3. Lionel Scaloni mengandalkan trio Julian Alvarez, Lionel Messi, Alejandro Gomez di lini depan. Sementara Graham Arnold tetap setia dengan formasi 4-4-2 di Australia.

Laga sempat berjalan dengan tempo lambat dan bola lebih banyak berputar di lini tengah. Namun kualitas jadi pembeda kala papan skor berubah di menit 35. Pencetak golnya? Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi.

Baca Juga:

Bintang Laga Belanda Vs Amerika Serikat: Denzel Dumfries Samai Legenda Oranye

Bintang Laga Portugal Vs Korsel: Peran Penting Son Heung-min di Balik Gol Krusial Hwang Hee-chan

16 Besar Piala Dunia 2022: Australia Tidak Takut Hadapi Lionel Messi dkk

La Pulga menorehkan gol di laga ke 1000 dan menjadi gol ke 789. Menerima bola dari Nicolas Otamendi yang dioper Mac Allister, Messi berada di sisi kiri kotak penalti Australia dan mencetak gol ke gawang yang dijaga Mat Ryan. 1-0 Argentina unggul. Kedudukan itu bertahan hingga turun minum.

Dalam situasi tertinggal Australia malah melakukan kesalahan konyol kala memainkan bola di lini belakang. Kye Rowles mengoper bola kepada Ryan dan sang kiper ditekan oleh dua pemain Argentina, yang pada akhirnya bola direbut Alvarez dan berbuah gol kedua Argentina. 2-0 Argentina menjauh.

Sejumlah pergantian pemain dilakukan kedua pelatih. Australia coba meningkatkan tempo serangan untuk mencetak gol, memaksa Argentina bertahan tapi juga berbahaya dari serangan balik. Pertahanan Argentina juga solid menangkal serangan Australia.

Di tengah serangan yang dibangun Australia gol 'jatuh dari langit' datang di menit 77. Craig Goodwin coba mengambil tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, bola mengenai wajah Enzo Fernandez dan ironisnya terdefleksi ke gawang Argentina. 1-2 Australia memperkecil kedudukan.

Memasuki waktu tambahan Australia memiliki satu peluang besar dari pemain pengganti, Garang Kuol, tapi di momen tersebut kiper Argentina Emiliano Martinez tampil heroik dengan penyelamatan yang dilakukannya. Alhasil Argentina mampu mengamankan kemenangan dengan skor 2-1.

Susunan Pemain

Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Marcos Acuna (Nicolas Tagliafico 72'), Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 80'); Alexis Mac Allister (Exequiel Palacios 80'), Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul; Julian Alvarez (Lautaro Martinez 71'), Lionel Messi, Alejandro Gomez (Lisandro Martinez 50').

Pemain Cadangan: Leandro Paredes, Exequiel Palacios, German Pezzella, Guido Rodriguez, Franco Armani, Lautaro Martinez, Angel Di Maria, Angel Correa, Lisandro Martinez, Paulo Dybala, Nicolas Tagliafico, Thiago Almada, Gonzalo Montiel, Geronimo Rulli, Juan Foyth.

Pelatih: Lionel Scaloni

Australia (4-4-2): Mat Ryan; Milos Degenek (Fran Karacic 72'), Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Mathew Leckie (Garang Kuol 72'), Aaron Mooy, Jackson Irvine, Keanu Baccus (Ajdin Hrustic 58'); Riley McGree (Craig Goodwin 58'), Mitchell Duke (Jamie Maclaren 72').

Pemain Cadangan: Fran Karacic, Thomas Deng, Joel King, Marco Tilio, Andrew Redmayne, Ajdin Hrustic, Craig Goodwin, Awer Mabil, Jason Cummings, Bailey Wright, Garang Kuol, Nathaniel Atkinson, Jamie Maclaren, Cameron Devlin, Danny Vukovic.

Pelatih: Graham Arnold

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Argentina Timnas Argentina Messi Lionel Messi Australia Timnas australia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.172

Bagikan