BolaSkor.com - Argentina mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2022 dengan buruk. Berstatus favorit juara, Tim Tango justru takluk dari Arab Saudi.

Argentina digadang-gadang menjadi favorit utama untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Tim asuhan Lionel Scaloni tengah dalam performa terbaik usai menjuarai Copa America dan Finalissima.

Argentina juga membawa kekuatan terbaiknya ke Qatar. Sosok Lionel Messi, Angel Di Maria, Paulo Dybala, Lisandro Martinez, hingga Lautaro Martinez ada dalam skuat.

Baca Juga:

Argentina 1-2 Arab Saudi: Green Falcons Akhiri Rekor Tak Pernah Kalah Albiceleste

Piala Dunia 2022: Penjelasan di Balik Lamanya Durasi Injury Time

Piala Dunia 2022: Robert Lewandowski Enggan Ikuti Jejak Lionel Messi

Arab Saudi yang menjadi lawan perdana di grup C dianggap bukan lawan sebanding. Albiceleste bahkan dijagokan menang dengan skor telak.

Namun yang tersaji di Lusail Stadium, Selasa (22/11), sangat jauh dari yang dibayangkan. Bukannya menang, Argentina justru takluk dengan skor 1-2.

Argentina seperti akan menang mudah saat Lionel Messi sudah mampu memecah kebuntuan lewat titik penalti pada menit kesepuluh. Raksasa Amerika Selatan itu juga sempat mencetak tiga gol tambahan meski semuanya dianulir VAR.

Memasuki babak kedua, Arab Saudi tampil menggebrak. Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari dengan cepat membobol gawang Argentina untuk membalikkan kedudukan menjadi 2-1.

Di sisa laga, Argentina mengurung pertahanan Arab Saudi. Namun gol balasan tetap tak mampu dicetak hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Hasil ini bukan hanya sangat mengejutkan. Peluang Argentina untuk lolos dari fase grup juga menjadi terancam.

Namun Argentina bukan tim besar dan unggulan pertama yang menelan kekalahan mengejutkan pada laga pembuka Piala Dunia. BolaSkor.com telah mencatat setidaknya ada empat tim lain yang mengalami nasib serupa yang terangkum di bawah ini:

1. Jerman (Piala Dunia 2018)

Jerman datang dengan status juara bertahan di Piala Dunia 2018. Namun Tim Panser harus menerima kenyataan takluk 0-1 dari Meksiko pada laga pembuka.

Jerman sejatinya mendominasi penuh jalannya laga. Namun Meksiko justru yang mampu mencuri satu gol melalui aksi Hirving Lozano.

Jerman sempat bangkit pada laga kedua dengan mengalahkan Swedia 2-1. Namun sang juara bertahan dipastikan mengemas koper lebih cepat karena gagal melaju ke babak 16 besar usai takluk 0-2 dari Korea Selatan pada partai terakhir.


2. Uruguay (Piala Dunia 2014)

Uruguay menelan kekalahan mengejutkan saat melakoni laga perdana Piala Dunia 2014. Semifinalis edisi sebelumnya tersebut harus takluk 1-3 dari Kosta Rika.

Kekalahan ini di luar prediksi karena Uruguay masih membawa mayoritas bintang yang sama dengan empat tahun sebelumnya. Kosta Rika sendiri kurang diperhitungkan.

Uruguay sempat unggul lebih dulu lewat penalti Edinson Cavani pada menit ke-24. Namun Kosta Rika mampu membalikkan kedudukan pada awal babak kedua melalui sumbangan gol Joel Campbell dan Oscar Duarte.

Marco Urena akhirnya memastikan kemenangan Kosta Rika enam menit sebelum waktu normal berakhir. Sementara Uruguay dibuat frustrasi dengan ketangguhan Keylor Navas di bawah mistar gawang lawan.

Beruntung kekalahan ini tidak membuat mental para pemain Uruguay terguncang. Tim asuhan Oscar Tabarez berhasil menyapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan untuk merebut satu tiket ke babak 16 besar sebelum akhirnya disingkirkan Kolombia.


3. Spanyol (Piala Dunia 2010)

Spanyol menjadi kandidat kuat untuk menjuarai Piala Dunia 2010. Ketika itu tim asuhan Vicente del Bosque tengah mencuri perhatian dunia dengan permainan tiki-takanya.

Namun ujian besar langsung dihadapi Spanyol saat melakoni laga pembuka. Tim Matador harus takluk dengan skor 0-1 dari Swiss.

Spanyol mendominasi jalannya laga. Namun Swiss mampu mencuri gol lewat serangan balik yang diselesaikan Gelson Fernandes pada menit ke-52.

Kekalahan ini sempat membuat permainan Spanyol agak menurun di pertandingan selanjutnya. Namun Xavi Hernandez dan kawan-kawan mampu bangkit dan melaju terus hingga tangga juara.


4. Prancis (Piala Dunia 2002)

Prancis membuat kejutan besar saat melakoni laga pembuka Piala Dunia 2002. Sang juara bertahan harus tumbang dengan skor 0-1 dari tim debutan, Senegal.

Sama seperti cerita sebelumnya, Prancis mendominasi penuh jalannya laga. Namun semangat juang yang ditunjukkan para pemain Senegal membuat Les Bleus kesulitan.

Kekalahan ini memberikan dampak besar terhadap perjalanan Prancis di Piala Dunia 2002. Les Bleus takluk pada dua laga sisa dan mengakhiri fase grup dengan status juru kunci.