BolaSkor.com - Manchester City pulang dengan membawa tiga poin dari markas Arsenal, Stadion Emirates pada Minggu (12/8) malam WIB. The Citizens unggul 2-0 berkat gol Raheem Sterling pada menit ke-14 dan Bernardo Silva pada menit ke-64.

Manchester City tampil berbeda dalam lawatan ke markas Arsenal. Pelatih Pep Guardiola memutuskan tidak memainkan Kevin De Bruyne atau Leroy Sane. Guardiola menampilkan formasi 4-2-3-1 dengan Riyad Mahrez tampil sebagai starter.

Pola serupa dimainkan Unai Emery yang pada laga perdananya di Premier League memberi kepercayaan kepada pemain muda macam Ashley Maitland-Niles dan Matteo Guendouzi.

Sejak laga dimulai, tim tamu terlihat tampil lebih tajam. Saat pertandingan berjalan delapan menit, City nyaris membuat gol lewat pergerakan Raheem Sterling. Pada menit ke-14 Sterling membayar kegagalan sebelumnya.

Mendapatkan bola di sisi kiri, Sterling berhasil lolos dari halangan Hector Bellerin dan Matteo Guendouzi. Sterling kemudian melepaskan sepakan yang tidak bisa dibendung Petr Cech.

Arsenal berupaya membalas. Satu kesempatan didapat Bellerin pada menit ke-21. Namun usahanya masih digagalkan kiper City, Ederson.

Selebihnya, City makin mendominasi penguasaan bola. Pasukan Guardiola secara cair mengalirkan bola dari pemain ke pemain.

Memasuki menit ke-27, Arsenal nyaris kembali kebobolan. Cech gagal menepis bola sepakan bebas Mahrez secara sempurna. Beruntung bola muntahan masih kembali bisa diamankan Cech yang bereaksi lebih cepat daripada Aymeric Laporte yang berupaya melakukan rebound.

Arsenal sesekali mencoba memberi perlawanan. Namun usaha Aaron Ramsey, Mesut Ozil, dan Henrikh Mkhitaryan tidak terlalu menganggu kokohnya pertahanan City. Hingga babak pertama usai City unggul 1-0.

Di babak kedua skenario tidak banyak berubah. City masih mengusai permainan. Emery kemudian memutuskan memainkan Alexandre Lacazette untuk menambah daya gedor. Hanya dua menit dimainkan, Lacazette nyaris membuat gol. Sayang bola sepakannya masih menemui sasaran.

Pada menit ke-63, The Citizens nyaris menggandakan keunggulan jika saja bola sepakan keras Sergio Aguero tidak dibendung Cech. Peluang Aguero tidak lepas dari kesalahan Guendouzi menjinakkan bola di lini tengah.

Gol kedua City akhirnya datang saat duel ebrjalan 64 menit. Menerima umpan Benjamin Mendy, Bernardo Silva melepaskan sepakan keras yang menjebol gawang tuan rumah. Man City unggul 2-0.

Di menit ke-79, Aubameyang menceploskan bola ke gawang Man City. Namun wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena Aubameyang sudah terlebih dulu offside.

Selang dua menit kemudian, Arsenal meminta wasit penalti setelah Ozil jatuh saat berduel dengan John Stone. Namun wasit Michael Oliver mengangggap itu bukan pelanggaran dan laga berlanjut.

Arsenal nyaris membuat gol setelah kiper City Ederson melakukan kesalahan melepaskan umpan. Namun Ederson mampu membayar kesalahannya dengan memotong umpan Ozil yang mengarah ke Lacazette yang berdiri bebas.

Menit ke-86 sebuah gol Arsenal kembali dianulir wasit. Lagi-lagi, Aubameyang lebih dulu tertangkap offside saat Ozil melepaskan umpan kepadanya. Di ujung laga, Ederson kembali melakukan kesalahan. Beruntung baginya bola sepakan Lacazette meleset dari sasaran.

Hingga laga usai, skor 2-0 untuk tim tamu Manchester City tidak berubah. Debut yang tidak mengenakkan bagi Emery di Premier League.


Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Petr Cech, Hector Bellerin, Sokratis Papastathopoulos, Shkodran Mustafi, Ashley Maitland-Niles (Stephan Lichtsteiner 35), Matteo Guendouzi, Granit Xhaka (Torreira 70), Henrikh Mkhitaryan, Aaron Ramsey (Lacazette 79), Mesut Ozil, Pierre Emerick Aubameyang


Manchester City (4-2-3-1): Ederson, Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy, Bernardo Silva, Fernandinho, Ilkay Gundogan, Riyad Mahrez (De Bryune 60), Sergio Aguero (G Jesus 79), Raheem Sterling (Sane 87)