Arsenal 0-3 Manchester City: Ketika Emirates Jadi Panggung Kevin De Bruyne

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Senin, 16 Desember 2019
Arsenal 0-3 Manchester City: Ketika Emirates Jadi Panggung Kevin De Bruyne
Kevin De Bruyne (twitter/premierleague)

BolaSkor.com - Manchester City mempermalukan Arsenal di kandang sendiri. Tim asuhan Pep Guardiola menang telak 3-0 atas tuan rumah pada laga pekan ke-17 Premier League di Stadion Emirates, Senin (16/12) dini hari WIB.

Kevin De Bruyne menjadi bintang kemenangan Man City dengan menyumbang dua gol (2 dan 40) dan satu assist. Satu gol City lain disumbang Raheem Sterling (15).

Arsenal melakukan dua perubahan dengan tidak menampilkan Kieran Tierney yang menderita cedera bahu. Di lini tengah Freddie Ljungberg pada laga ini memilih Matteo Guendouzi menggantikan Xhaka.

Sementara Manchester City melakukan empat perubahan. Pep Guardiola tampaknya ingin mencoba formula baru di lini belakang dengan mengganti John Stones dan Angelino dengan Benjamin Mendy dan Nicolas Otamendi. Di sektor tengah, Guardiola menampilkan Ilkay Gundogan dan Phil Foden.

Baca juga:

3 Destinasi Favorit Klub Bundesliga pada Liburan Musim Dingin

5 Alasan untuk Menyaksikan Piala Dunia Antarklub 2019

Arsenal mencoba menggebrak dengan langsung melancarkan serangan sejak kick off. Namun peluang yang didapat Gabriel Martineli di menit pertama masih bisa dibendung Ederson.

Gagal memaksimalkan peluang, gawang Arsenal justru jebol satu menit kemudian. Usai mematahkan sepakan pojok Arsenal, tim tamu langsung melancarkan serangan balik. Alhasil umpan Gabriel Jesus mampu disambar Kevin De Bruyne dengan sepakan kerasnya. Tim tamu unggul 1-0.

Bagi Arsenal ini merupakan laga keenam secara beruntun mereka kebobolan lebih dulu di Premier League.

Tertinggal satu gol, Arsenal terus menekan pertahanan Manchester United. Namun minimnya umpan akurat membuat tekanan tuan rumah jarang menghadirkan ancaman.

Bukannya menyamakan kedudukan, Arsenal justru kembali kebobolan lewat serangan balik. Arsenal yang memasang garis pertahanan tinggi dengan mudah ditembus. Kali ini rapuhnya lini belakang Arsenal dimanfaatkan Raheem Sterling yang dengan mudah mengarahkan bola menjadi gol usai menerima umpan De Bruyne. City menggandakan skor menjadi 2-0.

Arsenal terus mencoba menembus pertahanan Man City. Namun pasukan Ljungberg selalu kesulitan meladeni lini tengah City yang padat. Alhasil Arsenal lebih banyak memainkan bola di area sendiri.

Pada menit ke-40, Kevin De Bruyne mengemas gol keduanya pada laga ini. Pengatur serang asal Belgia ini dengan leluasa mengarahkan tembakan ke pojok kanan gawang Arsenal yang tidak bisa dijangkau Leno. City unggul 3-0.

Selang dua menit kemudian, De Bruyne nyaris mencatat hat-trick. Namun bola melengkung sepakannya masih bisa ditepis Leno dan menerpa tiang gawang. Skor 3-0 untuk City bertahan hingga jeda.


Babak Kedua

Saat laga babak kedua berjalan tiga menit, Arsenal langsung menciptakan peluang. Namun bola sundulan Pierre-Emerick Aubameyang masih melebar. Ini merupakan sentuhan pertama Aubameyang di kotak penalti City.

Tuan rumah makin menggencarkan serangan, namun ketatnya pertahanan City membuat usaha Mesut Ozil dan kawan-kawan selalu mentah. Bahkan seketika bola beralih kekuasaan, Arsenal keteteran meladeni serangan balik City.

Tercatat dua kali serangan balik Man City membuat Arsenal pontang-panting dalam sepuluh menit pertama babak kedua. Beruntung peluang Jesus dan De Bruyne tidak berbuah gol tambahan bagi City.

Pada menit ke-62, City kembali mendapatkan peluang memanfaatkan kelalaian lini belakang Arsenal. Namun usaha Sterling masih bisa dibendung Leno yang keluar dari sarangnya.

Manchester City mulai mengatur tempo permainan saat laga tersisa 15 menit. Armada Guardiola leluasa mengalirkan umpan dari kaki ke kaki untuk mempertahankan penguasaan bola.

Pada menit ke-77, De Bruyne kembali mengancam setelah lepas dari kawalan Guendouzi. Namun kali ini bola sepakannya masih terlalu lemah dan mampu diamankan Leno.

Hingga wasit meniup peluit akhir, Manchester City mempertahankan keunggulan 3-0 atas tuan rumah Arsenal.

Berkat kemenangan ini City bertahan di peringkat ketiga dengan raihan 35 poin. Sedangkan Arsenal berada di posisi kesembilan dengan 22 angka.

Susunan Pemain

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Ainsley Maitland-Niles, Sokratis Papastathopoulos, Calum Chambers, Sead Kolasinac (Saka 40); Matteo Guendouzi, Lucas Torreira (Willock 81); Nicolas Pepe, Mesut Ozil (Smith Rowe 59), Gabriel Martinelli; Pierre-Emerick Aubameyang.

MANCHESTER CITY (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Fernandinho, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy (Zinchenko 85); Ilkay Gundogan (Mahrez 70), Rodrigo, Phil Foden (Bernardo Silva 56); Kevin De Bruyne, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Premier League Arsenal Manchester City Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.092

Bagikan