BolaSkor.com - Arsenal memetik kemenangan tipis 1-0 saat menjamu West Ham United dalam lanjutan Premier League di Stadion Emirates, Sabtu (7/3) malam WIB. Gol semata wayang dalam Derby London ini dicatatkan Alexandre Lacazette di menit ke-78.

Bagi Arsenal ini merupakan kemenangan ketiga beruntun pertama di Premier League sejak Agustus 2019. Sebaliknya, bagi manajer West Ham David Moyes, hasil kekalahan ini memperpanjang rapor buruknya di kandang Arsenal. Moyes tidak pernah menang dalam 16 laga Premier League saat tandang ke Arsenal, empat kali imbang dan 12 kalah.

Meski tampil di markas lawan, West Ham mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Jarrod Bowen hampir membawa The Hammers unggul jika bola sepakannya tidak diselamatkan Bernd Leno.

Laga berjalan sepuluh menit, permainan Arsenal membaik. Peluang pertama didapatkan Arsenal pada menit ke-13 saat sepakan Mesut Ozil. Sayang peluang Ozil masih digagalkan kiper West ham, Lukasz Fabianski.

Baca Juga:

Filosofi Sepak Bola Mikel Arteta di Arsenal: Partisipasi 11 Pemain dalam Proses Gol Mesut Ozil

5 Fakta Menarik Bukayo Saka, Pemuda 18 Tahun Produk Akademi Arsenal

Peluang emas kembali didapatkan Arsenal pada menit ke-22 dalam situasi sepak pojok. Sokratis Papastathopoulos yang lolos dari penjagaan bisa melakukan sundulan ke arah gawang, tetapi bola masih membentur mistar.

Meski Arsenal mengusai permainan, pasukan Mikel Arteta belum bisa menghadirkan ancaman berarti di lini pertahanan West Ham. Sebaliknya West Ham yang hanya bisa sesekali melancarkan serangan balik juga masih terbentur lini belakang tuan rumah. Hingga jeda skor imbang tanpa gol bertahan.

Di babak kedua, skenario laga tidak berubah. Arsenal yang mengusai bola hingga lebih dari 70 persen di paruh pertama masih mendominasi. Umpan-umpan pendek yang diterapkan pasukan Arteta memaksa pemain West Ham cuma bisa menunggu, sembari mencari kesempatan serangan balik.

Pada menit ke-53, peluang didapat tuan rumah lewat Eddie Nketiah. Namun bola sepakan first time yang dilepaskan setelah menerima umpan Bukayo Saka masih bisa diselamatkan Fabianski menggunakan kakinya.

Selang tiga menit, giliran West Ham yang mengancam. Namun lewat refleks cepat, Leno masih bisa menepis bola tandukan Michail Antonio.

Satu jam pertandingan berjalan, Arteta memasukkan Alexandre Lacazette menggantikan Nketiah untuk mempertajam serangan. Akan tetapi, Arsenal masih kesulitan bahkan untuk melepaskan sepakan ke gawang lawan.

West Ham mendapatkan peluang pada menit ke-66. Lewat aksi sendirian, Bowen melepaskan sepakan keras mendatar dari luar kotak penalti. Namun bola masih mengarah tepat ke posisi Leno.

Menit ke-78, Arsenal akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan lewat gol Lacazette. Meski sempat dianulir karena offside, VAR akhirnya memutuskan gol sah. Arsenal unggul 1-0.

West Ham nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Lagi-lagi Leno tampil sebagai pahlawan Arsenal. Kali ini Leno berhasil mematahkan peluang yang didapat Sebastien Haller.

Arsenal mampu mempertahankan keunggulan satu gol hingga laga usai. Hasil ini membawa Arsenal naik ke peringkat kesembilan klasemen sementara Premier League dengan raihan 40 poin. Sedangkan kekalahan ini membuat West Ham gagal menjauhi zona merah. Saat ini West Ham duduk di tangga ke-16 dengan 27 poin.

Susunan Pemain

ARSENAL (4-2-3-1): Bernd Leno; Sokratis, David Luiz, Pablo Mari, Bukayo Saka; Dani Ceballos, Granit Xhaka; Nicolas Pepe (Nelson 69), Mesut Ozil (Bellerin 87), Pierre-Emerick Aubameyang ; Eddie Nketiah (Lacazette 60)

WEST HAM (4-2-3-1): Lukasz Fabianski; Jeremy Ngakia, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Declan Rice, Mark Noble (Soucek 81); Jarrod Bowen (Snodgrass 89), Pablo Fornals (Felipe 87), Michail Antonio; Sebastien Haller.