BolaSkor.com - Arsenal memetik tiga angka setelah membekuk tamunya Burnley 2-1 di Stadion Emirates, Sabtu (17/8) malam WIB. Dua gol The Gunners disumbang Alexandre Lacazette di menit ke-13 dan Pierre-Emerick Aubameyang (64). Sedangkan satu-satunya gol Burnley diciptakan Ashley Barnes (43).

Dalam laga ini manajer Arsenal, Unai Emery mengusung sistem 4-2-3-1 dengan mengandalkan Alexandre Lacazette sebagai penyerang tengah. Sedangkan Reiss Nelson, Joe Willock, dan Pierre-Emerick Aubameyang menjadi trio penyokong Lacazette.

Emery juga memberi kepercayaan kepada Dani Ceballos untuk melakoni debutnya sebagai starter di Premier League. Ceballos diduetkan dengan Matteo Guendouzi sebagai pivot ganda.

Baca juga:

Profil Singkat 3 Klub Promosi Serie A 2019-2020

5 Klub Eropa yang Kehilangan Banyak Pemain Andalan di Bursa Transfer Musim Panas 2019

Arsenal
Arsenal vs Burnley (premierleague)

Burnley Sendiri bermain dengan skema tradisional 4-4-2. Meski demikian, Burnley mampu mengancam Arsenal di awal pertandingan. Johann Berg Gudmunsson melepaskan umpan silang melengkung kepada Ashley Barnes yang disapu Arsenal. Lemahnya sapuan David Luiz membuat Erik Pieters bisa melakukan tembakan voli. Beruntung bagi Arsenal, bola masih melenceng. Dalam penampilan bersama klub barunya, David Luiz memang terlihat gugup dan membuat was-was.

Lambat laun, Arsenal berhasil keluar dari tekanan. Di menit ke-10, sepakan penjuru Dani Ceballos disambut Alexandre Lacazette dengan sundulan keras yang masih mampu diselamatkan kiper Nick Pope.

Selang dua menit, Arsenal akhirnya berhasil membobol gawang Burnley untuk memimpin 1-0. Diawali dari sepak pojok Ceballos, bola diterima Lacazette di tiang dekat yang mengonversi peluang menjadi gol.

Tertinggal satu gol, Burnley mencoba langsung menyamakan kedudukan. Namun peluang yang didapat mereka pada menit ke-18 masih digagalkan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Laga berjalan semakin menarik. Menit ke-35, Arsenal nyaris menambah keunggulan. Reiss Nelson yang melesat tak terkawal melakukan tembakan keras dari dalam kotak. Tapi bola mampu ditepis Nick Pope.

Sekitar dua menit jelang waktu normal babak pertama berakhir, Burnley akhirnya bisa menyeimbangkan permainan dalam kedudukan 1-1. Tembakan Dwight McNeil dihalau yang sempat Guendouzi, bergulir ke depan Barnes, yang kemudian melepaskan sepakan dari jarak dekat.

Di ujung babak, Arsenal sempat menceploskan bola ke dalam gawag Burnley. Namun setelah dapat bantuan VAR, wasit Mike Dean tak menyatakan gol karena sudah terlebih dulu terjadi offside.

Di babak kedua, Emery memutuskan memainkan pemain termahal yang dia miliki, Nicolas Pepe. Pemain anyar itu masuk menggantikan Reiss Nelson.

Arsenal mencoba langsung tancap gas di awal paruh kedua. Namun upaya Aubameyang, Lacazette, dan Ceballos masih belum membahayakan.

Serangan Arsenal lewat menit 50 semakin bervariasi dengan masuknya Pepe. Paling tidak dua kali dalam rentang kurang dari empat menit Pepe memamerkan kecepatannya. Namun, upayanya masih nihil hasil.

Meski banyak menguasai bola, Arsenal sesekali terlihat sulit menempatkan bola melewati garis tengah. Situasi ini tertolong dengan aksi Pepe dari sisi kanan.

Aubameyang
Selebrasi Pierre-Emerick Aubameyang (premierleague)

Saat laga berjalan satu jam, Ceballos mulai banyak membantu serangan dan beroperasi di sekitar kotak penalti lawan. Pada menit ke-63, Ceballos melepaskan sepakan melengkung yang harus diselamatkan oleh Poepe sembari terbang.

Tekanan Arsenal akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-64. Gol lahir lagi-lagi tak lepas dari aksi Ceballos. Pemain pinjaman dari Real Madrid itu berhasil mencuri bola dari Gudmundsson yang langsung diterima Aubameyang. Penyerang asal Gabon itu langsung merangsek ke kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar yang bersarang ke pojok. Arsenal kembali unggul 2-1.

Unggul 2-1, Arsenal melakukan perubahan. Penyerang Lacazette ditarik keluar dan digantikan oleh bek Sean Kolasinac di menit 72.

Menit ke-83, Emery menarik keluar Dani Ceballos yang tampil apik pada laga ini. Ceballos yang mencatat dua assist digantikan oleh Lucas Torreira. Dengan dua assist pada debut starter di Premier League bersama Arsenal, Ceballos menyamai catatan Ray Parlour dan Henrikh Mkhitaryan.

Hingga lima menit jelang waktu normal usai, Arsenal secara keseluruhan lebih dominan. Pasukan Unai Emery mampu menguasai bola hingga 69 persen dan melepaskan 511 umpan atau lebih dari dua kali lipat dari lawan.

Hingga wasit Mike Dean meniupkan peluit tanda laga berakhir, skor 2-1 untuk Arsenal tidak berubah. Dua kemenangan di awal kompetisi menjadi modal penting bagi Arsenal yang akan menantang Liverpool di Stadion Anfield pekan depan.

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): Leno, Maitland-Niles, David Luiz, Sokratis, Monreal, Ceballos, Guendouzi, Willock, Aubameyang, Nelson (Pepe 46), Lacazette (Kolasinac 71)
Pelatih: Unai Emery

Burnley (4-4-2): Pope, Lowton, Tarkowski, Mee, Pieters, Gudmundsson (Lennon 72), Cork, Westwood, McNeil, Wood (Rodriguez 61), Barnes
Pelatih: Sean Dyche