Arsenal Konfirmasi Adanya Pembicaraan soal Liga Super Eropa

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 17 November 2018
Arsenal Konfirmasi Adanya Pembicaraan soal Liga Super Eropa
Logo Arsenal di Emirates Stadium (Zimbio)

BolaSkor.com – Kebocoran dokumen-dokumen penting (football leaks) yang dikeluarkan media Jerman, Der Spiegel, masih terus menghiasi pemberitaan sepak bola di Eropa dan dunia. Salah satu isu terpanas, selain konspirasi Manchester City dan Paris Saint-Germain (PSG), adalah adanya Liga Super Eropa.

Rencananya, Liga Super Eropa akan dihelat pada 2021 mendatang dan didukung oleh 16 klub-klub besar Eropa yang kabarnya, sudah lelah berbagi pemasukan dengan klub-klub kecil di level domestik dan Liga Champions.

Singkatnya, Liga Super Eropa seperti halnya liga tandingan bagi lima liga top Eropa dan Liga Champions. Bisa dianggap juga sebagai sebuah pemberontakan kepada UEFA selaku Federasi Tertinggi Sepak Bola Eropa.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, telah berpesan tegas mengenainya. FIFA tidak akan segan-segan melarang pemain yang terlibat di dalamnya untuk berpatisipasi di turnamen buatan FIFA seperti Piala Dunia, Piala Dunia Antarklub, dan lainnya.

Sejauh ini, masih banyak juga yang meragukan kebenaran dari apa yang diumumkan Der Spiegel, karena faktanya tidak ada yang tahu pasti apakah itu benar terjadi atau tidak.

Namun, kabar yang dikeluarkan Der Spiegel mulai bisa dianggap sebagai sebuah kebenaran karena Arsenal telah mengonfirmasi adanya pembicaraan soal Liga Super Eropa tersebut.

Vinai Venkatesham, Direktur Arsenal, mengutarakan adanya pembicaraan itu. Tapi, ia juga menegaskan bahwa posisi Arsenal tetap tegas mendukung 100 persen Premier League dan tidak ingin merusak imej liga terbaik dunia tersebut.

“Arsenal tidak pernah atau tidak tertarik bermain di kompetisi apapun yang dapat melemahkan Premier League. Premier League liga terdepan dunia di dalam olahraga, kami tak ingin melakukan apapun untuk merusak Premier League,” ucap Vinai.

“Saya melihat artikel-artikel bahwa Arsenal ingin lepas (dari Premier League). Kami tak pernah ingin melakukannya. Tapi kami juga menyadari bahwa kami harus ada dalam percakapan-percakapan itu atau kami tidak akan bertanggung jawab. Kami harus ada dalam percakapan, ini bukan berarti kami mendukung mereka.”

Ditambahkan oleh Raul Sanllehi, Kepala Sepak Bola Arsenal, Liga Super Eropa itu mungkin saja terjadi kelak. Namun tidak dalam waktu dekat karena adanya ikatan kerja sama dengan UEFA.

“Tidak dalam waktu dekat karena kami punya kesepakatan dengan UEFA sekarang ini – tapi saya tidak tahu apa yang diberikan masa depan karena masa depan menuliskan perjalanannya sendiri,” tambah Sanllehi.

“Saya tidak membayangkan bagaimana masa depan, tidak dalam jangka waktu pendek atau menengah, perubahan radikal (besar-besaran). Tapi apa yang bisa saya yakinkan adalah, kami pikir situasi terkini adalah situasi yang optimal. Kami sangat bangga berada di Premier League,” pungkasnya.

Breaking News Arsenal UEFA Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan