BolaSkor.com - Arsenal mulai berbenah di bursa transfer musim panas ini. The Gunners memulai proses perombakkan skuat dengan merampingkan kuantitas tim. Setidaknya ada tujuh pemain yang sudah dikonfirmasi klub dilepas saat ini.

Ketujuh pemain itu dilepas karena kontraknya berakhir pada 30 Juni 2019 atau akhir bulan ini. Dilansir dari laman resmi Arsenal, ketujuh pemain tersebut adalah: Cohen Bramall, Petr Cech, Charlie Gilmour, Stephan Lichtsteiner, Julio Pleguezuelo, Aaron Ramsey, dan Danny Welbeck.

"Terima kasih kami dan harapan terbaik untuk pemain-pemain yang kontraknya berakhir pada 30 Juni. Kami berterima kasih kepada mereka semua atas kontribusi kepada klub dan kami mendoakan mereka seluruh kesuksesan di masa depan," demikian tulis pernyataan di situs resmi klub.

Bramal, Gilmour, dan Pleguezuelo, merupakan pemain-pemain muda produk akademi tim yang dianggap gagal berkembang di Arsenal. Sementara Cech sudah membulatkan keputusan, yang dibuatnya beberapa waktu lalu, untuk pensiun.

Baca Juga:

Gabung Juventus, Aaron Ramsey Warisi Nomor Antonio Conte dan Didier Deschamps

Petr Cech, Kiper Hebat Berjuluk Mr Google

Petr Cech

Cech pensiun pada usia 37 tahun dan akan dikenal selamanya sebagai salah satu kiper ikonik Premier League. Kiper asal Republik Ceska telah 15 tahun bermain di Premier League dengan Chelsea (2004-2015) dan Arsenal (2015-2019).

Pengemas 124 caps dengan timnas Republik Ceska lebih dikenal sebagai legenda The Blues. Di sana, kebanyakan di era Jose Mourinho, Cech meraih empat titel Premier League, empat Piala FA, tiga Piala Liga, satu Liga Europa, dan satu Liga Champions.

Sementara di Arsenal satu-satunya titel yang diraihnya adalah trofi Piala FA pada musim 2016-17. Sisanya hanya menjadi runner-up di Piala Liga 2017-18 dan Liga Europa 2018-19.

Selain Cech, nama populer yang pergi dari Arsenal dengan gratis (free agents) adalah Lichtsteiner, Ramsey, dan Welbeck. Lichtsteiner jarang main meski baru semusim gabung Arsenal dari Juventus dan klub memutuskan tak memperpanjang kontraknya.

Danny Welbeck

Sedangkan Welbeck lebih banyak menghabiskan waktunya bersama Arsenal, klub yang telah dibelanya dari 2014, di ruang perawatan karena cedera. Usia Welbeck masih produktif (28 tahun) jika ia mampu menjaga kebugarannya.

Di antara mereka yang pergi, nama Ramsey akan selalu dibahas sebagai 'blunder' untuk Arsenal. Pasalnya, pemain berusia 28 tahun, yang sedianya punya banderol 40-50 juta euro, dilepas gratis ke Juventus karena kontraknya tak cepat diperpanjang.

Ramsey merupakan salah satu gelandang top, berkualitas, dan berpengalaman di Eropa. Terlebih, usianya juga masih produktif. Cukup banyak publik yang mempertanyakan komitmen manajemen Arsenal dalam mengurus kontrak pemain jika mengingat kasus Ramsey.