BolaSkor.com – The Gunners, Arsenal dapat memastikan satu tiket di 32 besar Liga Europa jika mampu mengalahkan Sporting Lisbon di laga keempat grup E yang berlangsung di Emirates Stadium (9/11) pukul 03.00 dini hari WIB. Arsenal kini terpaut tiga poin dari Sporting yang ada di urutan dua klasemen, dan terpaut jauh dengan Vorskla (tiga poin) dan Qarabag (tanpa poin).

Arsenal punya modal lebih dari cukup untuk mengalahkan Lions – julukan Sporting. Meski di pertemuan sebelumnya yang berlangsung di Portugal, Arsenal susah payah meraih kemenangan 1-0. Sporting punya cukup pemain berpengalaman untuk merepotkan Arsenal seperti: Nani, Bas Dost, dan Luc Castaignos.

“Tentu saja, hal pertama yang ada di benak pikiran kami untuk finish di urutan pertama grup dan laga nanti sangat penting, karena melawan tim yang ada di urutan dua klasemen. Jika kami menang, kami pertama di grup. Itu target utama kami,” tutur Unai Emery, manajer Arsenal di Sky Sports.

“Kami menemukan fokus kami di dua cara. Satu di kompetisi ini (Liga Europa), sangat penting bagi kami. Satu jalan lainnya, untuk meraih titel dan di cara lain untuk (lolos kualifikasi) ke Liga Champions musim depan.”

Arsenal ingin segera mengamankan tempat di 32 besar Liga Europa. Itulah target yang diinginkan para pemain dan juga ditegaskan oleh Emery. Sporting hanya bisa berharap dan berdoa, Arsenal tidak bermain dalam kondisi terbaiknya dan menjalani hari yang buruk.

Statistik Berpihak kepada Arsenal

Sporting menghadapi misi mustahil di markas Arsenal. Meraih kemenangan merupakan mimpi, hasil imbang saja sudah bisa dianggap sebagai kemenangan. Sebab, statistik tidak berpihak kepada mereka.

Salah satunya adalah fakta, bahwa Sporting selalu kalah di empat pertemuan terakhir dengan lawannya yang berasal dari Inggris sejak mengalahkan Manchester City di Portugal, di ajang 16 besar Liga Europa 2011-12.

Sporting juga hanya mampu meraih empat kemenangan dari 27 laga tandang di kompetisi besar Eropa (empat kali hasil imbang dan 19 kekalahan), meskipun salah satu kemenangan terakhir diraih saat melawan Vorskla Poltava.

Berbanding terbalik dengan Sporting, Arsenal tidak pernah kalah di tiga pertemuan terakhir melawan Sporting (dua kali menang dan sekali imbang) dan tidak kebobolan di tiga laga itu.
Arsenal juga memenangi tiap salah satu dari tiga laga terakhir di kompetisi besar Eropa – mereka belum pernah meraih empat kemenangan beruntun sejak enam kali menang beruntun di antara bulan Maret hingga November 2005.

Jadi, hampir mustahil bagi Sporting mencuri poin apalagi meraih kemenangan di markas Arsenal yang sedang berada di momentum bagus.