BolaSkor.com - Sebuah teknologi baru tengah berencana diperkenalkan FIFA pada putaran final Piala Dunia 2022. Hal ini dibocorkan langsung oleh Arsene Wenger yang menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global.

Sama seperti Video Assistant Review (VAR), teknologi baru ini digunakan untuk membantu tugas wasit. Tujuannya jelas untuk mengurangi kontroversi dalam pertandingan.

Secara spesifik, teknologi ini berkaitan dengan momen offside. Nantinya, wasit bisa lebih cepat mengambil keputusan yang akurat.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Bintang Kemenangan Portugal, Inggris Tertahan

Kena Mental, Neymar Pensiun setelah Piala Dunia 2022?

Lionel Messi Ukir Rekor Internasional, Tatap Catatan Legenda Real Madrid

Teknologi VAR dianggap belum menyelesaikan masalah polemik offside.

"Kami harus terus maju dalam kecepatan pengambilan keputusan, terutama dalam hal offside. Pada 2022 di Piala Dunia, kami akan jauh lebih mampu membuat keputusan offside dengan sangat cepat," kata Wenger dilansir dari Goal.

"Ini akan menghentikan permainan lebih sedikit karena itulah kesalahan VAR. Ada peningkatan emosional yang nyata, tetapi setelah itu Anda harus tahu apakah Anda menginginkan keputusan yang adil atau tidak."

Sebelumnya, peran untuk menentukan offside atau tidak ditentukan oleh hakim garis. Peran ini dijalankan olah dua orang di sisi lapangan.

Namun penglihatan hakim garis yang terbatas membuat keputusan yang diambil kerap keliru. Tak jarang kesalahan mereka menentukan hasil pertandingan.

Akibat kontroversi ini, FIFA memperkenalkan teknologi garis gawang dan VAR. Sayang pada pelaksanaannya, masih ada kontroversi yang ditimbulkan.

"Ada peluang bagus bahwa teknologi offside otomatis akan tersedia di Piala Dunia 2022. Saya terikat dengan kerahasiaan, tetapi ini akan menjadi perkembangan besar berikutnya dalam perwasitan," tegasnya.