BolaSkor.com - Barcelona dikenal dengan taktik tiki-taka. Para penggawa Barcelona dengan terampil melakukan penguasaan bola sembari merangsek ke pertahanan lawan.

Seolah-olah para pemain Barcelona telah mengetahui pergerakan rekannya tanpa harus melihat. Bola dialirkan dengan cepat namun tetap dengan akurasi yang tinggi.

Kunci dari taktik tiki-taka adalah sektor tengah. Pada masa jayanya, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez menjadi otak di balik taktik yang mengantarakan Blaugrana merajai Eropa.

Akan tetapi, kini, muncul kekhawatiran setelah Xavi memutuskan hengkang dan Iniesta mulai akrab dengan cedera. Alhasil, Barcelona melakukan audisi untuk mencari kepingan terpenting dari tiki-taka tersebut.

Pandangan Barcelona tertuju kepada bintang muda asal Brasil, Arthur Henrique Ramos de Oliveira Melo, atau yang lebih beken dengan nama Arthur. Pemain 21 tahun tersebut mampu mengemban tugas sebagai motor permainan klub asal Brasil, Gremio.

Arthur Melo saat membela Gremio. (Ibtimes.Uk)

Arthur Melo turut menjadi aktor penting di balik keberhasilan Gremio memenangi Copa Libertadores 2016-2017. Sang pemain mampu memberikan keseimbangan di lini tengah Gremio.

Arthur memiliki tipe permainan yang simpel. Selain itu, meski berpostur kecil, sang pemain kuat dalam duel untuk memperebutkan bola. Semua itu dibalut dalam ketenangan yang ia tunjukkan ketika menguasai si kulit bundar.

"Saya adalah pemain yang suka menguasai bola di kaki, dan mengatur permainan. Sebagai gelandang bertahan, saya lebih banyak memegang bola, lebih jauh ke belakang," kata Arthur seperti dilansir dari Goal.

"Akan tetapi, sebagai playmaker Renato memaksa saya untuk masuk ke area penalti dan mencoba mencetak gol, itulah letak perbedaannya. Saya mencoba untuk lebih menyerang untuk memberikan umpan kepada pemain di depan," imbuh sang pemain.

Arthur Melo saat membela Gremio. (Ibtimes.Uk)

Kelebihan yang dimilikinya adalah hasil kerja keras sejak berlatih di Gremio U20. Tampil trengginas, ia dipromosikan untuk memperkuat tim senior pada 1 Januari 2017. Hingga saat ini, sang pemain telah mendulang dua gol dari 48 pertandingan.

Tak heran, pelatih tim nasional Brasil, Tite beberapa kali memanggil Arthur untuk membela Brasil di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018.

Meski belum pernah mengecap kompetisi Eropa, Barcelona tidak ragu untuk menggelontorkan 30 juta Euro. Menurut kabar yang beredar, sang pemain baru akan bergabung pada Januari 2019.

"Barcelona dan Gremio telah menjalin kesepakatan untuk opsi pembelian Arthur yang akan dilengkapi Barcelona pada Juni 2018. Jika Barcelona sepakat untuk mendatangkannya, nilai transfer ditetapkan di angka 30 juta euro dengan bonus 9 juta euro," tulis Barcelona seperti dikutip di laman resmi klub.

Jika transfer terealisasi, Arthur selangkah lebih dekat untuk menjadi pemain bintang di dunia. Namun, ia juga harus mengambil andil di balik taktik termasyhur milik Blaugrana, tiki-taka.