Asa Iksan Apriyadi Bangun Dojo di Kampung Halaman Menguat Usai Hat-trick Emas

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 20 Mei 2022
Asa Iksan Apriyadi Bangun Dojo di Kampung Halaman Menguat Usai Hat-trick Emas
Iksan Apriyadi. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

BolaSkor.com - Iksan Apriyadi semakin termotivasi menuntaskan mimpi, membangun dojo di kampung halamannya di Garut, Jawa Barat. Ini menyusul catatan baru di SEA Games 2021 Vietnam usai membuat hat-trick di kelas -73kg putra.

Emas di SEA Games 2021 menjadi yang ketiga bagi Iksan Apriyadi. Sebelumnya, ia juga meraih emas di SEA Games 2017 dan 2019. Adapun pada edisi 2013 dan 2015 medali perak diperoleh.

Ikhsan memiliki tanah seluas 500m di rumah belakang halamannya. Sudah sejak lama ia bercita-cita membangun dojo atau tempat pelatihan judo agar anak-anak bisa mengenal beladiri asal Jepang tersebut.

Baca Juga:

SEA Games 2021: Karate Raih Medali Emas dan Perak

SEA Games 2021: Satu Tambahan Medali dari Renang Indonesia

“Saya sudah lama ingin bikin judo karena setiap pulang, tetangga banyak datang dan bertanya apa itu judo dan ingin belajar. Saya jadi menceritakan pengalaman saya, dari situ saya berpikir kenapa tidak bangun judo saja,” kata Ikhsan yang berencana membeli tanah lagi untuk memperluas dojo yang akan dibangun nanti.

CdM Tim Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono mengalungkan medali emas kepada pejudo Indonesia Ikhsan Apriyadi yang meraih emas di nomor -73 kg putra SEA Games, Kamis (19/5). NOC Indonesia/Naif Al'As

Iksan ingin suatu saat bisa melahirkan pejudo andal dari kampung halamannya, sehingga nantinya dapat mewakili Merah Putih di pentas Olimpiade.

“Saya bukannya tidak mau ke Olimpiade. Siapa sih atlet yang tak mau ke sana? Ibaratnya itu ajang tertinggi tujuan para atlet dan memang saya ingin mencoba Paris 2024,” terang atlet berumur 33 tahun itu.

“Tapi jika memang jalan berkata lain, saya ingin melahirkan atlet yang bisa ke Olimpiade. Semoga bisa mewujudkan mumpi saya untuk tampil di pentas Olimpiade.”

Disaksikan langsung oleh Chef de Mission Ferry Kono, Iksan tampil dominan melawan Keisei Nakano Pablo (Filipina) pada final -73kg di Hoai Duc Stadium, Kamis (19/05). Kemenangan 1-0 itu menjadi persembahan emas ketiga Iksan, sebelumnya di Kuala Lumpur (2017) dan Manila (2019).

Ikhsan masih berpotensi menambah raihan emas untuk Indonesia di nomor mixed team. Rencananya, nomor ini akan akan dipertandingkan pada Sabtu (21/05).

SEA Games 2021 Judo Tim Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan