ASBWI Gelar Kongres Biasa, Rumuskan Berbagai Program Majukan Sepak Bola Wanita

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 03 Juni 2023
ASBWI Gelar Kongres Biasa, Rumuskan Berbagai Program Majukan Sepak Bola Wanita
Ketua Umum ASBWI H Nadalsyah (tengah) usai menggelar konferensi pers terkait Kongres Biasa ASBWI 2023, Sabtu (3/6). (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Asosiasi Sepak Bola Wanita (ASBWI) menggelar Kongres Biasa tahun 2023 pada Sabtu (3/6). Kongres ini menghasilkan sejumlah keputusan penting terkait upaya memajukan sepak bola wanita di Tanah Air.

Ketua Umum ASBWI H Nadalsyah mengatakan dalam kongres dibahas mengenai sinkronisasi program milik ASBWI dengan PSSI, .

Sinkronisasi program ini dilakukan demi dua target besar, yaitu Timnas Putri lolos Piala Dunia Wanita 2035 dan juara Piala Asia 2038.

Kongres diikuti oleh seluruh anggota ASBWI dan dibuka oleh satu-satunya anggota Komite Eksekutif (Exco) wanita di PSSI, Vivin Cahyani Sungkono.

"Sebagai anggota PSSI, ASBWI tentu ajan menjalankan arahan dan petunjuk dari Kongres PSSI kemarin. Kami juga ingin Timnas Putri menjadi 30 besar terbaik dunia," kata Nadalsyah kepada awak media di Jakarta.

ASBWI juga menerima dan mengukuhkan anggota baru. ASBWI kini mempunyai 76 anggota dari semula 12 member. Rinciannya adalah 30 ASBWI Provinsi dan 46 klub anggota.

"ASBWI memiliki sistem database SIBAWI yang tengah disinkronisasikan dengan sistem PSSI yang bernama SIAP. Jadi, ASBWI akan memiliki database raksasa sepak bola wanita," ujar Nadalsyah.

Baca Juga:

Tak Terpusat di Jakarta, FIFA Matchday Timnas Indonesia Bakal 'Dibagi' dengan Daerah

Uji Coba Timnas Indonesia U-23 Kontra Jeonbuk Motors Belum Ada Kejelasan

FAM Klaim Pernah Tolak Argentina dan Brasil untuk Uji Coba Lawan Malaysia

Di sisi lain, Nadalsyah merasa bersyukur karena berbagai program kerja ASBWI pada tahun 2022 berhasil dilaksanakan dengan baik.

ASBWI sukses menggulirkan Piala Pertiwi 2022, Piala Gubernur DKI Jakarta 2022, dan Festival Sepak Bola Putri U-10 dan U-12 di berbagai daerah.

"PSSI juga memandatkan ke ASBWI untuk pelaksanaan FIFA Matchday. Pertama melawan Singapura, Indonesia menang 2-1. Kemudian lawan Arab Saudi, Indonesia menang dengan skor 1-0," ujar Nadalsyah.

Berbagai keberhasilan itu membuat ASBWI menatap satu tahun ke depan dengan optimistis. Ada lima program kerja dicanangkan, di antaranya menggulirkan kompetisi U-15 Nasional di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 14-21 Juli 2023, memutar kompetisi U-17, kemudian menggelar dua turnamen prestisius yang diberi nama Piala Ibu Negara serta ASBWI Cup.

"Selain itu, ASBWI akan ada program pengembangan bisnis di area media dan komersial," tutup Nadalsyah.

ASBWI Timnas Putri Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.255

Bagikan