BolaSkor.com- Asian Games 2018 tentunya tidak hanya diisi olahraga terkenal seperti sepak bola, basket, atletik, dan bulu tangkis semata. Namun, sebuah olahraga bela diri berusia 3.500 tahun asal Asian Tengah juga bakal ikut dipertandingkan pada ajang empat tahunan tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia, Kurash tentu masih terdengar asing di telinga. Olahraga ini merupakan perpaduan antara gulat dengan judo yang dipopulerkan Uzbekistan.

"Di Indonesia, olahraga ini baru ada pada tahun 2016. Meski, di Indonesia baru dua tahun, tetapi kami berharap dapat meraih medali pada Asian Games 2018 nanti," ujar sekertaris jendral Asian Games 2018, Barnes Mahardika, dalam rilis yang diterima BolaSkor.com, Minggu (6/5).

"Yang menarik dari Kurash adalah untuk mendapatkan poin, atlet harus membanting lawannya. Tidak ada teknik kuncian pada Kurash dan tidak boleh menyapu kaki seperti pada judo," sambungnya.

Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Erick Thohir, memberi penjelasan mengapa Kurash pada akhirnya terpilih sebagai cabang olahrga yang dipertandingkan. Erick menyebut Asian Games 2018 bukan hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga perdamaian dan pengenalan olahraga Asia kepada dunia.

"Di event seperti Asian Games ini memang dipertandingkan olahraga regional seperti Kurash. Ini memang nilai dari Asian Games yang tidak hanya mengejar prestasi tetapi juga mewujudkan perdamaian di Asia," ujar Erick.