BolaSkor.com - Timnas Wanita Indonesia dipastikan tersingkir dari ajang Asian Games 2018. Kepastian itu didapat usai Hong Kong mengalahkan Tajikistan 6-1, pada laga terakhir Grup B cabang olahraga sepak bola Wanita di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu (22/8) malam WIB.

Dalam pertandingan tersebut, enam gol Hong Kong dilesakkan oleh Chan Wing Sze (2'), Yuen Hoi Dik (10'), Ho Mui Mei (25' dan 32'), Cham Ching Man (39'), dan Chun Ching Hang (68'). Sedangkan satu gol Tajikistan dilesakkan oleh Natalia Sotnikova (36').

Dengan begini, Timnas Wanita tidak bisa meraih posisi salah satu dari dua peringkat ketiga terbaik. Dari Grup A, Korea Selatan melaju ke babak 8 besar sebagai juara grup (9 poin dari tiga laga). Korea Selatan ditemani Taiwan dengan raihan 6 poin dari tiga laga sebagai runner-up.

Grup B ada China sebagai juara grup dengan raihan 9 poin dari 3 laga. Ditemani Korea Utara sebagai runner-up (6 poin dari 3 laga) dan Hong Kong sebagai peringkat ketiga terbaik (3 poin dari 3 laga).

Selanjutnya di Grup C, ada Jepang sebagai juara grup (6 poin dari 2 lafa), Vietnam sebagai runner-up (3 poin dari 2 laga), dan Thailand sebagai peringkat ketiga terbaik (0 poin dari 2 laga).

Indonesia hanya mengoleksi 3 poin dari 4 laga. Namun sesuai regulasi, poin Indonesia tidak dihitung saat menghadapi dasar klasemen. Pasalnya, Grup C hanya diikuti tiga tim dan harus menyamaratakan. Indonesia memiliki nol poin dari perebutan tempat ketiga terbaik.

Begitupun yang dihadapi Hong Kong. Hong Kong juga mengoleksi poin nol pada perebutan tempat ketiga terbaik. Alhasil, Hong Kong dan Thailand unggul selisih gol dari Indonesia, dan berhak mendapatkan dua tiket peringkat ketiga terbaik untuk ke babak 8 besar.

Berikut Tim yang Lolos ke Babak 8 Besar dan Pertandingannya:

Grup A:

- Korea Selatan (Juara Grup)
- Taiwan (Runner-Up Grup)

Grup B:

- China (Juara Grup)
- Korea Utara (Runner-Up Grup)
- Hong Kong (Peringkat Ketiga Terbaik)

Grup C:

- Jepang (Juara Grup)
- Vietnam (Runner-Up Grup)
- Thailand (Peringkat Ketiga Terbaik)

Babak 8 Besar:

24 Agustus 2018:

- Korea Selatan Vs Hong Kong, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 16.00 WIB
- Taiwan Vs Vietnam, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 18.30 WIB

25 Agustus:

- Jepang Vs Korea Utara, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 16.00 WIB
- China Vs Thailand, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, 18.30 WIB