Asian Games 2018: Mengenal Cabang Olahraga Kabaddi

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 19 Agustus 2018
Asian Games 2018: Mengenal Cabang Olahraga Kabaddi
Tim kabaddi putri Indonesia saat hadapi Jepang. (INASGOC/Indrianto)

BolaSkor.com - Kabaddi merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018. Bagi publik Indonesia, cabang olahraga ini memang masih terdengar asing.

Namun sebenarnya olahraga ini sudah dipertandingkan di Asian Games sejak 1990 yang berlangsung di Beijing.

Kabaddi sendiri adalah permainan khas India yang sudah ada sejak ribuan tahun. Sekilas Kabaddi mirip dengan permainan tradisional Indonesia, Gobak Sodor.

Para sejarawan berspekulasi Kabaddi berasal dari zaman prasejarah di negara bagian Tamil Nadu sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Kata Kabaddi sendiri dipercaya berasal dari "kai pidi" yang dalam bahasa Tamil berarti “berpegangan tangan”.

Olahraga ini bahkan termuat dalam naskah Mahabharata. Dalam kitab tersebut Arjuna dikatakan sangat berbakat dalam permainan Kabaddi.

Di India, olahraga ini sudah menjadi latihan fisik rutin bagi murid di sekolah.


Aturan Main

Dalam satu permainan akan mengadu dua tim yang bertanding. Masing-masing tim terdiri dari 7 pemain dengan tiga pemain cadangan.

Seorang pemain dari satu tim akan menyerang kubu lawan dan menyentuh salah satu anggota tim lawan dan kembali ke area timnya.

Yang menarik, saat sedang menyerbu ke pihak lawan sang pemain harus meneriakkan "Kabaddi,kabaddi, kabaddi" berulang-ulang sambil menahan napas.

Pertandingan Kabaddi Putra Asian Games 2018 di Teater Garuda TMII, Jakarta. (INASGOC/Indrianto)

Setiap tim akan bergantian mengirimkan orang ke area musuh. Untuk mendapatkan angka, sang penyerbu harus lari ke area lawan, menyentuh satu atau lebih anggota tim lawan, lalu kembali ke areanya sendiri.

Sementara tim lawan harus menahan penyerang hingga akhirnya tidak kuat menahan napasnya.

Di tingkat internasional, kabaddi dimainkan di lapangan yang berukuran 10x13 meter atau untuk wanita 8x12 meter. Lapangan dibelah dua oleh satu garis. Masing-masing tim menempati sisi sendiri. Kabaddi dimainkan selama 20 menit dalam dua babak, dengan lima menit waktu istirahat.


Popularitas Kabaddi

Peraturan permainan Kabaddi mulai dibakukan pertama kali pada awal abad ke-20. Pada 1990, Kabaddi menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games.

Di Bangladesh, kabaddi diakui sebagai permainan nasional pada 1972 lalu. Tidak hanya itu, kabaddi juga menjadi permainan resmi di tujuh negara bagian India.

Di kawasan Asia Selatan, kabaddi memiliki sebutan berbeda-beda. Sebagai contoh, di Srilangka kabaddi dikenal sebagai Gudu sedangkan di Thailand lebih dikenal dengan nama Theechub.

Saat ini kabaddi sudah makin mendunia. Pada 2013, Piala Internasional Kabaddi diselenggarakan di Inggris. Ajang ini diikuti oleh negara-negara macam Inggris, India, Pakistan, Kanada dan Amerika Serikat.

Baca Berita Selengkapnya soal sisi menarik Asian Games 2018 lainnya di Side.id

Asian games 2018 Kabaddi Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.079

Bagikan