BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menekankan para atlet Asian Para Games 2018 tak hanya mengejar prestasi dan kemenangan, tetapi juga mencari pertemanan. Bagi Imam, tak ada yang namanya lawan pada Asian Para Games 2018, semua berstatus kawan saat di Indonesia.

Asian Para Games 2018 bakal mulai bergulir, 6-13 Oktober di Jakarta. Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah olahraga difabel se-Asia tersebut.

Sebanyak 2.888 atlet yang berasal dari 41 negara telah menyatakan siap bertanding pada Asian Games 2018. Jumlah tersebut memecahkan rekor dari edisi sebelumnya di Incheon yang hanya mencapai 2.458 peserta.

“Lawan jangan jadikan musuh, tetapi teman. Mereka adalah teman yang harus disambut hangat tetapi dikalahkan di arena. Jangan mundur meski menghadapi Korea Selatan atau China. Kita adalah tuan rumah dan penonton yang datang mendukung kita sepenuhnya,” ujar Imam Nahrawi.

Imam menilai, Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 sama pentingnya. Kesuksesan sebagai penyelenggara dan peserta juga akan menjadi sorotan dunia.

“Ini merupakan sejarah karena Indonesia untuk kali pertama menyelenggarakan APG. Dan sejarah itu harus dikawal. Kita harus membuktikan Indonesia bisa berdiri sejajar dengan negara lain. Momentum sejarah pertama ini sangat tepat untuk diraih,” kata Imam Nahrawi.