Asisten Wasit Tambahan Dipakai di Liga 1 Musim Depan, Sambil Menunggu VAR

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 09 Maret 2022
Asisten Wasit Tambahan Dipakai di Liga 1 Musim Depan, Sambil Menunggu VAR
Asisten wasit tambahan di Liga 1 2021/2022. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - PSSI akan melanjutkan penggunaan asisten wasit tambahan di Liga 1 2022/2023. Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

PSSI sudah mulai menurunkan asisten wasit tambahan di kompetisi Liga 1 2021/2022. Laga antara Persela Lamongan kontra TIRA-Persikabo di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, menjadi partai pertama yang menggunakan asisten wasit tambahan.

Penggunaan asisten wasit tambahan memang diakui terlambat. Ini tak lepas dari waktu yang diperlukan, mengingat proses yang harus dijalani dan dilalui tidak mudah.

Baca Juga:

Tak Ada Jaminan Marko Simic Turun di Laga Persija Vs Borneo FC

Persipura Ajukan Banding atas Sanksi Komdis PSSI

"Untuk musim depan, opsinya ada dipakai lagi sebelum kita punya VAR. Mungkin ini akan terus kita lakukan," kata Mochamad Iriawan.

Penggunaan VAR diakui jauh lebih sulit. Selain biaya besar yang harus dikeluarkan, banyak hal yang perlu dipersiapkan.

"Harganya 87 miliar, satu kali laga hampir 200 sampai 250 juta. Wasitnya juga harus sekolah dulu, intinya kami ingin terus memperbaiki kualitas pengadil di lapangan, sehingga menghasilkan laga yang enak ditonton," tambah Iriawan.

Infrastruktur stadion juga harus mendukung. "Tidak semua stadion bisa menerapkan VAR. Mungkin salah satunya stadion ini (Kapten I Wayan Dipta). Oleh karena itu, kita akan tunggu (kajiannya) karena biaya VAR juga mahal. Mungkin nanti ada VAR di beberapa stadion, saya mungkin minta soal asisten wasit tambahan ini diteruskan agar kualitas pertandingan membaik. VAR memang dalam pemikiran kami, tetapi tidak mudah juga bagi kami penerapannya."

PT LIB PT Liga Indonesia Baru Pssi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan