Asisten Wasit Tambahan Mulai Bertugas di Tiga Laga Krusial Pekan 30 Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 07 Maret 2022
Asisten Wasit Tambahan Mulai Bertugas di Tiga Laga Krusial Pekan 30 Liga 1
Laga Persib Vs Arema FC bakal jadi salah satu uji coba penerapan asisten wasit tambahan di Liga 1. (LIB)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menugaskan asisten wasit tambahan atau additional assistant referee (AAR) mulai pekan ke-30 Liga 1 2021/2022. Sebagai langkah awal, ada tiga laga yang dijadikan uji coba penerapan kebijakan baru ini.

Ketiga laga itu di antaranya adalah Persela Lamongan melawan TIRA-Persikabo, lalu Madura United Vs Barito Putera, dan big match antara Arema FC dan Persib Bandung.

Tiga pertandingan ini dipilih karena hasil akhirnya bakal cukup krusial serta menentukan. Pasalnya, tiga laga tersebut melibatkan empat tim yang belum aman dari ancaman degradasi dan dua tim calon juara.

"Kami berharap kebijakan adanya asisten wasit tambahan ini akan bisa menjawab persoalan yang ada di perwasitan. Pada akhir musim akan kami evaluasi dan saya pribadi berharap mudah-mudahan bisa diterapkan untuk musim depan,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi.

Baca Juga:

Liga 1 Masuk Pekan Krusial, Komisaris Persib Minta Ketum PSSI Turun ke Lapangan

PSSI Tugaskan Asisten Wasit Tambahan Mulai Pekan 30 Liga 1

Sebelumnya, PSSI dan PT LIB telah memberikan pembekalan kepada 65 wasit dan asisten wasit yang bertugas di Liga 1 musim ini terkait uji coba penerapan AAR.

Setelah itu, ke-65 peserta pembekalan melakukan praktik penerapan AAR yang dipandu oleh instruktur wasit PSSI dan dipantau langsung Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

"Saya mengikuti materi praktik sejak awal. Semua dilaksanakan secara detail, termasuk peran dan tugas masing-masing wasit dan asisten wasit selama pertandingan, sampai dengan cara berkomunikasi dengan alat baru antara wasit utama dan dua asisten wasit tambahan," ujar Lukita.

"Mudah-mudahan materi praktik ini akan sangat membantu pada saat korps wasit saat bertugas di laga sisa Liga 1 2021/2022," tambahnya.

PSSI PT Liga Indonesia Baru PT LIB Barito Putera Madura united Persela lamongan Tira Persikabo Persib Bandung Arema FC Yunus Nusi Akhmad Hadian Lukita Liga 1 Wasit Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan