BolaSkor.com - Perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar oleh Ansan Greeners FC merupakan bagian rencana besar K-League untuk merambah pasar Asia Tenggara. Niat ini sudah ditetapkan pada April 2019 lewat rapat dewan K-League.

K-League memutuskan mengadakan kuota ASEAN. Sehingga klub-klub bisa merekrut lima pemain asing dengan skema 3+1+1 atau tiga pemain asing dari negara manapun ditambah satu pemain Asia dan satu lagi pemain ASEAN.

Kebijakan ini sudah diberlakukan mulai musim 2020. K-League sudah melihat adanya dampak kehadiran pemain ASEAN ketika Nguyen Cong Phuong merapat ke Incheon United, dimana orang-orang Vietnam mendatangi stadion dan fans di Vietnam menyaksikan pertandingan K-League secara daring.

Baca Juga:

Asnawi Mangkualam dan ASEAN yang Jadi Incaran

Pesan Shin Tae-yong untuk Asnawi Mangkualam yang Dikontrak Ansan Greeners

Efek sudah dirasakan oleh Ansan Greeners. Meski belum merilis secara resmi perekrutan Asnawi, klub berjuluk Green Wolves sudah mendapat puluhan ribuan pengikut di Instagram.

"Jumlah pengikut Instagram meningkat dari 4.000 menjadi 10.000 dalam sehari sejak pengumuman Asnawi. Volume penelusuran Google Trends klub Ansan meningkat 100 kali lipat dalam satu hari," tulis Interfootball Korea.

Hingga Selasa (26/1) pagi, jumlah followers Ansan Greeners sudah lebih dari 17 ribu. Serigala Hijau telah menjadi klub K-League 2 dengan yang jumlah pengikut terbanyak, bahkan berpotensi menyalip klub K-League 1 seperti Pohang Steelers dan Incheon United.

"Agen hak siar luar negeri K-League Sport Radar sedang bersiap untuk mengakses pasar Indonesia. Selain itu, mengingat karakteristik wilayah Ansan, yang memiliki tingkat penduduk asing yang tinggi, kami sangat menantikan datangnya fans asing," kata K-League seperti dikutip dari Interfootball.

Media tersebut menjelaskan bahwa K-League belum bisa ditonton di televisi di Indonesia dan platform OTT (jaringan internet). Pecinta sepak bola Indonesia hanya bisa menyaksikan highlight lewat saluran Youtube K-League.

"Setelah pengumuman perekrutan Asnawi, komentar sudah beredar tentang highlight pertandingan tahun lalu," sambung media tersebut.