Asnawi Mangkualam dan ASEAN yang Jadi Incaran

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 24 Januari 2021
Asnawi Mangkualam dan ASEAN yang Jadi Incaran
Asnawi Mangkualam Bahar. (PSSI)

BolaSkor.com - Sepak bola Indonesia belakangan dikejutkan kabar perekrutan Asnawi Mangkualam Bahar oleh klub kasta kedua Korea Selatan atau K League 2, Ansan Greeners FC. Via KBS, pemimpin tim Joo Chan-yong menyatakan bahwa Asnawi dikontrak selama satu tahun sesuai keputusan per 19 Januari 2021.

Ada opsi perpanjangan satu tahun di dalam kontrak yang disodorkan. Kontrak yang disepakati akan membuat Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di K League.

K League sebelumnya memberi panggung untuk duo Vietnam, yaitu Luong Xuan Truong dan Nguyen Cong Phuong. Keduanya bermain di Liga Korea Selatan dengan status pinjaman dari Hong Anh Gia Lai (HAGL).

Baca Juga:

Shin Tae-yong Lihat Manfaat Asnawi Berkiprah di Korea Selatan

Beri Rekomendasi ke Ansan Greeners, Shin Tae-yong: Asnawi Nomor Satu di Hati

Xuan Truong datang untuk Incheon United pada 2016, sebelum dipinjamkan ke Gangwon FC musim berikutnya. Adapun Chong Phuong bermain untuk Incheon United pada 2019.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

Shin Tae-yong juga dijelaskan memiliki andil dalam perekrutan Asnawi. Rekomendasinya mematahkan keraguan pelatih Ansan Greeners, Kim Gil-sik. Sementara PSM Makassar masih menganggap kabar yang disampaikan KBS sebatas rumor.

"Dalam perjalanan kembali setelah menyelesaikan pelatihan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol, saya mendengar pembicaraan soalnya lewat klub Ansan dan sangat merekomendasikannya. Pemain ini adalah pemain nomor satu di hati saya. Ia pemain yang tidak akan saya sesali. Seoarang pemain yang bakal bekerja tidak hanya di K League 2, tapi juga di K League 1," kata Shin Tae-yong yang juga bicara kepada Chosun, Minggu (24/1).

"Tim nasional utamanya memainkannya sebagai bek sayap kanan, tetapi jika diperlukan, ia bisa tampil sebagai gelandang bertahan. Ia mengejar dan menjegal lawan ke manapun. Ia tidak mundur dan terus menunjukan keberanian seperti Choi Hyo-jin (Jeonnam Dragons) dan Choi Chul-soon (Jeobuk Motors) yang menunjukan sebagai pemain bermental kuat."

Kuota ASEAN

Asnawi juga akan menjadi pemain pertama yang mengisi kuota ASEAN di liga Korea Selatan. Luong Xuan Truong dan Nguyen Cong Phuong sebelumnya datang dengan status sebagai legiun asing Asia.

Sasalak Haiprakhon dari Thailand sejauh ini belum dipastikan bakal bergabung ke Jeonbuk Hyundai Motors.

K League sendiri mengenal 10 negara ASEAN, tidak termasuk Australia yang juga masuk Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF). Yaitu Thailand, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Filipina, Singapura, Laos, Kamboja, dan Brunei.

Baca Juga:

Asnawi Diingatkan, K-League 2 Lebih Keras dari Kasta Tertinggi

5 Fakta Ansan Greeners, Klub Korsel yang Kontrak Asnawi Mangkualam

Kuota untuk pemain ASEAN baru diberlakukan pada musim 2020. Adapun pembahasannya sudah dilakukan April 2019.

Setiap tim K League diperbolehkan merekrut lima pemain asing lewat penambahan kuota ASEAN. Skemanya yakni 3+1+1 atau tiga pemain asing dari negara manapun ditambah satu pemain Asia dan satu lagi pemain ASEAN.

Kebijakan ini menjadi bagian langkah K League memperluas pasar. "Kuota Asia Tenggara adalah dimensi untuk mencari keuntungan dari penyiaran dan sponsor, sehingga ada perluasan pasar luar negeri," kata K League pada 18 April 2019 seperti dikutip dari Sports Khan.

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo mendampingi Nguyen Cong Phuong. (Hani/Yonhap)

K League melihat adanya dampak kehadiran pemain ASEAN. Pada 2019 misalnya, ketika Cong Phuong yang dijuluki Son Heung-min Vietnam berbaju Incheon United.

"Orang-orang Vietnam mendatangi stadion untuk menonton Cong Phuong dan para penggemar di negara asalnya menyaksikan penampilan Cong Phuong melalui siaran secara daring," tulis Hani.

Dampak yang juga sudah dirasakan oleh Ansan Greeners. Meski belum merilis secara resmi perekrutan Asnawi, klub berjuluk Green Wolves sudah mendapat puluhan ribuan pengikut.

Per Minggu (24/1) WIB, jumlah pengikuti Ansan Greeners di Instagram sudah lebih dari 16 ribu. Ansan Greeners kini menjadi klub K League 2 dengan pengikut terbanyak melampaui Busan IPark, Seoul E-Land, Daejon Citizen.

"Hal itu mirip penggemar dalam negeri (Korea Selatan) yang memberi dukungan untuk Park Ji-sung, Son Heung-min yang berkarier di Liga Inggris."

Walau disadari kontribusi pemain ASEAN terutama yang terakhir belum memuaskan. Mungkin ini pula yang membuat Kim Gil-sik sempat ragu.

Liga Korea sejauh ini hanya mengenal Piyapong Pue-on sebagai pemain dari Asia Tenggara yang cukup bersinar. Piyapong Pue-on asal Thailand membela Lucky Goldstar (kini FC Seoul) pada era 1980.

Tentu akan menjadi tantangan buat Asnawi Mangkualam. Apalagi K League merupakan kompetisi yang membutuhkan fisik mumpuni.

"Ia harus beradaptasi dengan K League. Liga yang sulit secara fisik. Pertama yang dibutuhkan adalah meningkatkan fisik dan mental. Berbicara aspek fisik, K-League 2 lebih keras dari K-League 1," tulis pelatih fisik Timnas Indonesia, Lee Jae-hong di kolom komentar akun Instagram-nya.

Ansan Greeners FC Asnawi Mangkualam Korea selatan ASEAN Shin Tae-yong Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan