Asprov PSSI Jatim Lihat Sisi Positif Pembatalan Piala Dunia U-20 2021

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 27 Desember 2020
Asprov PSSI Jatim Lihat Sisi Positif Pembatalan Piala Dunia U-20 2021
Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh (dua dari kiri) ketika mendampingi Menpora Zainuddin Amali meninjau persiapan Kota Surabaya menjadi tuan rumah pada September 2020 lalu. (BolaSkor.com/Kurniawan)

BolaSkor.com - Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia resmi dibatalkan FIFA setelah menggelar pertemuan pada Kamis (24/12). Induk sepak bola dunia itu memutuskan Indonesia tetap menjadi tuan rumah edisi 2023 mendatang.

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur (Jatim) melihat hal itu sebagai hal positif. Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh menyebut pembatalan ini bisa membuat pemkot Surabaya lebih tenang menyelesaikan renovasi.

Kota Pahlawan menyiapkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebagai venue pertandingan. Sementara untuk venue pendamping tengah dibangun tiga lapangan latihan di komplek GBT, rehabilitasi Stadion Gelora 10 Nopember (G10N) dan lapangan Thor. Bahkan, proses renovasi dikabarkan bakal kelar pada April 2021 mendatang.

Baca Juga:

Pemkot Surabaya Pastikan Venue Piala Dunia U-20 Terawat hingga 2023

Kiper Persib Bicara Peluang Tampil di Piala Dunia U-20 pada 2023

"Penundaan itu menjadi penting untuk menjaga kualitas tuan rumah. Mungkin ini adalah kesempatan kami bersama Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya untuk lebih mengidentifikasi apa yang bisa kami mantapkan lagi,” tutur Riyadh.

"PSSI Jatim, PSSI pusat bahkan Pemerintah Republik Indonesia sangat memahami keputusan FIFA. Di atas semua itu memang yang terpenting adalah keselamatan dan kemanusiaan. Kalau memang kalkulasi FIFA kegiatan tersebut tidak akan maksimal digelar di tengah pandemi, maka keputusan tersebut adalah tepat dan kami akan mengikuti," sambungnya.

Lantas apa yang akan dilakukan Asprov PSSI Jatim? Riyadh mengatakan pihaknya tetap memberikan supervisi terkait persiapan Kota Pahlawan dan venue pertandingan maupun latihan. Apalagi secara infrastruktur pemkot Surabaya sudah bekerja keras mempersiapkan. "Kami akan terus melakukan apa-apa yang menjadi kewajiban Asprov PSSI Jatim," ujarnya.

Riyadh juga berharap agar pandemi segera berakhir. Dan semua agenda sepak bola di Indonesia bisa kembali digelar. "Kompetisi adalah bagian penting dari persiapan para pemain untuk tampil di Piala Dunia U-20 dan ajang lain. Tanpa kompetisi yang kompetitif dan mencukupi, pemain tidak akan bisa tampil maksimal nantinya," pungkas pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Asprov jawa timur Pssi Piala dunia u-20
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan